Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

“Osteoarthritis”, Penyakit Sendi yang Bikin Nyeri

Osteoarthritis merupakan penyakit sendi yang terjadi karena adanya kerusakan di tulang rawan sendi dan terjadi perubahan pada tulang subkondral serta mengalami peradangan di dalam sendi. Penyakit osteoarthritis ini sering terjadi di sendi penyangga tubuh seperti sendi panggul dan sendi lutut, selain itu penyakit osteoarthristis sering dijumpai pada pasien dengan usia di atas 50 tahun dengan keluhan pertama yaitu nyeri sendi dan kaku sendi. Adapun gejala awal penyakit osteoarthristis yang sering dialami yaitu nyeri sendi dan sering terjadi di sendi pada lutut.

Hampir setiap orang yang mengalami penuaan akan mengalami penyakit osteoarthritis. Hal ini bisa dikarenakan oleh faktor berat badan dan faktor genetik yang membuat perempuan lebih besar berisiko terkena penyakit osteoarthritis. Selain itu, obesitas merupakan salah satu faktor yang berisiko terkena penyakit osteoarthritis, untuk itu harus ada pengurangan berat badan dengan memperbanyak aktivitas fisik yang tidak terlalu berat seperti jalan kaki, berenang, dan bersepeda statis. Jika sering mengalami nyeri pada sendi dan banyak beraktivitas serta berat badan berlebih, hal ini akan meningkatkan resiko peradangan dan terjadinya pembengkakan pada sendi.

Pada pasien yang mengalami penyakit osteoarthritis, biasanya hasil pada foto rontgen menunjukkan adanya penyempitan celah sendi sehingga cairan yang melumasi sendi akan berkurang dan juga terjadi pengapuran pada sendi. Penyakit osteoarthritis mempunyai beberapa tingkatan, mulai dari tingkatan ringan hingga berat. Pada tingkatan ringan, pengobatannya cukup menggunakan obat-obatan seperti obat penghilang rasa sakit. Sedangkan untuk tingkatan berat, pengobatannya akan dilakukan pembedahan dan penggantian kapsul sendi.

Penanganan nyeri sendi dilakukan dengan melakukan pemeriksaandi fasilitas kesehatan untuk ditangani sesuai dengan manajemen penyakitnya karena apabila manajemennya salah, maka bisa jadi penyakit dasar yang dihadapi tidak terobati dan memiliki efek samping karena penanganan yang salah. Selain itu, jika penderita di atas usia 50 tahun disarankan untuk rutin melakukan check up agar diketahui kondisi dan perkembangannya. Penyakit osteoarthritis tidak jauh dari mortalitas tetapi akan mempengaruhi kualitas hidup pasien. Edukasi kesehatan berperan penting dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat sebagai upaya pencegahan osteoarthritis.

 

Kontributor :

dr. Firman ; dr. Mira Astutir

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.