Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

HARI KANDUNG KEMIH SEDUNIA 2019, RSUP Dr. SARDJITO GELAR EDUKASI DI POLI BEDAH SELAMA BULAN NOVEMBER

Dalam rangka memperingati bulan Kandung Kemih Sedunia yang diperingati setiap bulan November, RSUP Dr. Sardjito melalui Unit Promosi Kesehatan bekerjasama dengan KSM Urologi RSUP Dr. Sardjito berperan akitif dengan mengadakan edukasi kepada pasien dan pengunjung di poli bedah IRJ RSUP Dr. Sardjito selama hari rabu di bulan November yaitu tanggal 6, 13, 20 dan 27 November 2019 dengan narasumber dr. Tanaya Ghinorawa, Sp.U dan tim. Tema edukasi adalah 1). Infeksi Saluran Kencing 2). Overative Bladder 3). Bladder Paint Syndrome dan 4). Neurogenik Bladder. Sesuai dengan tema hari kandung kemih sedunia yaitu bulan kesadaran kesehatan kandung kemih, edukasi kali ini mengajak masyarakat untuk merawat organ kandung kemih. Organ kandung kemih merupakan organ penting bagi kita, tapi kadang kita tidak menyadarinya. Orang belum banyak yang mengetahui cara menjaga kesehatan kandung kemih atau kadang justru menyepelekan sehingga angka kejadian infeksi pada kandung kemih cenderung tinggi . Data dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2016 menunjukkan bahwa jumlah penderita penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) mencapai 90-100 kasus per 100.000 penduduk per tahun.

 

Setiap hari kita membuang air kecil , itu merupakan kerja dari beberapa organ, antara lain kandung kemih. Kandung kemih adalah sintem dari saluran kencing yang berbentuk kantung  berongga yang bertugas menampung cairan yang telah disaring oleh ginjal dan akan dikeluarkan sebagai urine atau kencing. Seiring bertambahnya usia, kondisi kandung kemih juga akan berubah, fungsinya juga akan menurun. Maka dari itu menjaga kesehatan kandung kemih harus dilakukan sejak dini untuk menghindari terjadinya infeksi atau bahkan kanker. Berikut ini cara sederhana untuk menjaga dan merawat kandung kemih agar tetap sehat adalah :

  1. Minum air putih yang cukup

Minum air putih 2 liter atau 8 gelas per hari dengan cara mengkonsumsi air putih 1 gelas dengan interval 2 jam dimulai dari bangun tidur sampai jam 09.00 malam sebelum tidur.

  1. Latihan otot dasar panggul

Latihan ini dapat membantu memperkuat otot dasar panggul yang mengontrol kandung kemih agar bekerja lebih baik dan otot tidak lemah.

  1. Buang air kecil setelah berhubungan seksual

Buang air kecil setelah berhubungan intim dapat membantu menyiram bakteri keluar dari sistem kemih sehingga dapat terhindar dari infeksi saluran kencing

  1. Buang air kecil teratur

Membuang air kecil setidaknya setiap 2 jam atau lebih sekali. Menahan urine dalam kandung kemih terlalu lama dapat membuat kandung kemih terinfeksi. Sedangkan bila buang air terlalu sering akan membuat otot dasar panggul melemah dan akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Cara cebok yang benar

Arah cebok yang benar adalah dari depan kebelakang untuk menghindari infeksi kandung kemih. Letak uretra dan anus yang berdekatan terutama wanita dengan cara cebok yang salah dapat menyebarkan bakteri dari anus ke kandung kemih.

 

Kontributor : Nur Utami Hidayati, SKM

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.