Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

ASIA MEDICAL WEEK-INDONESIAN OUTREACH 1st International Hospital Capacity Building

Asia Medical Week-Indonesian Outreach “1st International Hospital Capacity Building Forum” memfasilitasi rumah sakit di Indonesia dan di manca negara untuk membentuk suatu forum dalam memetakan permasalahan-permasalahan yang ada guna menghasilkan kerjasama yang mampu meningkatkan kapasitas masing-masing rumah sakit. Kolaborasi ini mencakup tiga hal utama dalam memecahkan ketidakseimbangan yang ada, yaitu kolaborasi dalam hal SDM, infrastruktur dan teknologi.

Inequality (ketidakseimbangan) menjadi masalah utama dalam layanan kesehatan di Indonesia, ketidakseimbangan terhadap akses kesehatan dan mutu layanan kesehatan. Ketidakseimbangan ini berdampak pada beban yang harus ditanggung oleh masyarakat umum, terutama dalam hal layanan kesehatan di rumah sakit.

Di era globalisasi serta era disrupsi, kolaborasi menjadi solusi dalam meningkatkan layanan kesehatan di rumah sakit, baik kolaborasi antar institusi di level nasional maupun di level internasional. Kolaborasi bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sehingga layanan kesehatan menjadi lebih baik untuk seluruh masyarakat.

Kolaborasi atau kerjasama antar institusi rumah sakit ini diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia melalui pengembangan kapasitas SDM. Mulai dari pendidikan formal maupun non formal atau pelatihan-pelatihan yang mampu meningkatkan skills dari tenaga kesehatan. Selain itu melalui forum kolaborasi diharapkan adanya peningkatan kapasitas rumah sakit yang mampu menghasilkan aturan-aturan serta mekanisme sistem dalam hal SDM, infrastruktur dan teknologi yang dapat diimplementasikan rumah sakit di level nasional maupun internasional, meningkatkan akses pelayanan dan mutu pelayanan, serta kerjasama ini dapat memberikan manfaat kepada semua stakeholder, permasalahan-permasalahan lokal bisa diselesaikan dengan lebih cepat guna meningkatkan layanan kesehatan menjadi lebih baik.

Dengan adanya kolaborasi antar institusi ataupun negara lain, bisa saling berbagi maupun mengadopsi teknologi-teknologi dalam layanan kesehatan sesuai kebutuhan masing-masing rumah sakit. Dengan demikian pemanfaatan kolaborasi dalam hal teknologi kesehatan mampu memberikan layanan yang lebih efektif, efisien dan hemat.

Forum yang diselenggarakan pada Jumat-Sabtu, 22-23 November 2019 di Hotel Tentrem Yogyakarta ini didukung sepenuhnya oleh RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM, dan Zhongshan Hospital, affiliated to Fudan University, China. Dalam forum ini menghadirkan narasumber: Dr. Zhu Chouwen selaku Vice President of Zhongshan Hospital, Dr. dr. Darwito, SH., Sp.B (K)., Onk selaku Direktur RSUP Dr. Sardjito, dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A (K) selaku Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Alumni dan Pengabdian kepada Masyarakat FK-KMK UGM, serta dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes., Sp.OG (K) selaku Ketua Panitia.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.