Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
Adaptasi kehidupan baru (1)
GANTI SUITE ROOM
esc
slide_1200x500_call_center
sCREENING2

Jumlah Pasien Tinggi, RSUP Dr. Sardjito Buka Layanan Khusus Operasi Mata

YOGYAKARTA – RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, resmi membuka pelayanan kesehatan baru khusus untuk penanganan medis operasi mata, yakni Kamar Operasi Mata, Senin (27/1/2020). Hal ini tak lepas dari makin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan operasi mata. Bahkan, saat ini tercatat jumlah antrean pasien operasi mata di RSUP Dr. Sardjito mencapai 400 orang.

Dihadiri oleh jajaran direksi, pejabat eselon dan dokter spesialis mata dan Anestesi, Kamar Operasi Mata RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, resmi dibuka. Instalasi ini merupakan bagian dari pelayanan Sardjito Eye Center RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, untuk memberikan sarana dan prasarana tindakan operasi khusus mata.

Ketua Kelompok Staf Medik (KSM) Mata RSUP. Dr. Sardjito Yogyakarta, dr. Firman Satya Wardhana, MKes, Sp.M(K), mengatakan, ke depan jumlah pasien mata akan makin bertambah, karena tidak saja pasien baru, namun juga pasien lama yang perlu pemeriksaan rutin atau kontrol.

Hal itu, menurutnya menjadi tantangan untuk bisa melayani sebaik-baiknya, sejak pertama di pintu poliklinik mata hingga keberadaan Kamar Operasi Mata untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

“Sampai saat ini, lama antrian pelayanan operasi mata bervariasi. Kasus trauma gawat darurat mata akan dilayani dalam 2×24 jam. Namun untuk pasien bukan gawat darurat, lama antrean bisa beberapa hari, bahkan bisa tiga bulan tergantung kasusnya. Kalau dihitung, saat ini sudah ada 400 pasien yang antri untuk operasi mata, diharapkan dengan dibukanya kamar operasi khusus mata akan mengurangi waktu tunggu operasi.” kata dr. Firman.

Sementara itu, Direktur Utama, Dr. dr. Darwito, SH., Sp.B., K-Onc., menekankan kepada seluruh jajaran dan para dokter untuk memegang komitmen dan loyalitas. Ia mengingatkan, bahwa alat, sarana dan prasarana berupa kamar operasi mata dibangun dengan uang rakyat, sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Konsep pemerintah adalah rujukan berbasis kompetensi, sehingga tidak ada sekat antara jenjang PPK 1 dan PPK 3. Teman-teman dokter akan bisa melakukan pelayanan seluas-luasnya, karena persaingan ditentukan oleh kemampuan sumber daya manusia (SDM),” tegasnya.

Nantinya, lanjut Dr. dr. Darwito, pihaknya akan mengawal sistem kerja pada unit tersebut agar terwujud loyalitas dari para dokter. Ia mengingatkan, bahwa komitmen mengabdi dan loyalitas adalah hal paling penting.

Pelayanan Kamar Operasi Mata RSUP Dr. Sardjito memiliki 2 kamar operasi baru dengan ruang persiapan dan pemulihan setelah operasi. Memiliki tim bedah yang profesional, yang dalam tindakan operasinya sudah didukung dengan peralatan canggih. Beberapa tindakan operasi mata khusus yang dilakukan adalah phacoemulsification, vitrektomi (bedah retina), cangkok kornea, implan katup glaukoma, bedah tumor mata, rekonstruksi kelopak mata, dan lain-lain. Phacoemulsification adalah teknik termutahir operasi katarak. Kelebihan phacoemulsification, antara lain luka operasi kecil, tanpa jahitan, penyembuhan yang lebih cepat, dan nyeri pasca bedah yang lebih ringan. (thesun)

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.