Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
PANCASILA SARDJITO WEB (2)
WhatsApp Image 2020-05-22 at 20.47.39
GANTI SUITE ROOM
esc
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_call_center

Press Release (Siaran Pers) RSUP Dr. Sardjito Tentang Tanggapan Isu Corona Virus

YOGYAKARTA– Seminggu terakhir ini RSUP Dr. Sardjito beberapa kali mendapatkan berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Berita tersebut menyatakan bahwa saat ini telah dirawat penderita positif mengidap Virus Corona atau yang dikenal dengan Novel Corona Virus (2019-nCoV) di RSUP Dr. Sadjito sehingga masyarakat diminta untuk menghindari RSUP Dr. Sardjito.

Atas beredarnya twitter yang menyatakan adanya pasien suspek Corona Virus dan diunggah pada pukul 04.23 PM tanggal 27 Januari 2020, atau screenshot dari status Afifatusio yang beredar luas dimasyarakat, maka kami sampaikan bahwa informasi tersebut tidak benar adanya. Kami jelaskan lebih lanjut dalam acara press release yang diadakan pada hari selasa, 28 Januari 2020 di Gedung Diklat RSUP Dr. Sardjito yang dihadiri oleh Perawat Pengendali Infeksi Komite PPI Sri Purwaningsih, Kepala Bagian Hukmas Banu Hermawan, dan dokter spesialis paru dr. Munawar Gani Sp.P memberikan klarifikasi terkait dengan beredarnya isu tersebut.

Banu Hermawan Menyampaikan bahwa “ Pertama, yang terjadi sesungguhnya adalah pasien yang datang sudah 3 hari di jogja lebih dan kondisi nya tidak mengalami masalah apapun, hanya ingin check up karena pasien tersebut memang berasal dari Hainan bukan dari Wuhan. Pasien sore hari itu juga langsung diperbolehkan pulang karena secara klinis tidak ada indikasi Corona Virus.

Kemudian yang kedua RSUP Dr. Sardjito beberapa kali didatangi untuk melakukan check up baik dari orang Indonesia yang telah datang atau kunjungan dari Negara China masuk ke Indonesia sudah beberapa hari kemudian melakukan check up padahal kondisi nya sehat. Prinsip nya kita sampaikan kepada teman-teman RSUP Dr Sardjito ini siap untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat luas dan RSUP sebagai Rumah Sakit Rujukan Nasional (PPK 3) Jejaring layanan kesehatan di bawah RSUP Dr. Sardjito ketika ada pasien yang dicurigai terjangkit wabah tersebut akan dikonsulkan bukan langsung dirujuk.

Terkait hal-hal tersebut, kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan mudah terpengaruh dengan isu-isu yang belum tentu kebenarannya. Kami juga menyarankan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. Selalu melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand scrub menggunakan antiseptic berbasis alkohol. Saat batuk dan bersin tutup mulut dan hidung dengan sisi lengan atas bagian dalam atau tisu serta segera buang tisu pada tempat sampah dan cuci tangan.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.