Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]

Pimpinan Tinggi UPT Kemenkes Diminta Prioritaskan Penanganan Covid-19

YOGYAKARTA – Para pimpinan tinggi pratama (Eselon II) yang menjabat direktur di unit pelayanan teknis (UPT) vertikal Kementerian Kesehatan, diminta untuk senantiasa memberikan prioritas kepada upaya penanganan Covid-19 di lingkungan unit kerja masing-masing, termasuk di 8 provinsi dengan jumlah kasus tertinggi.

“Saya juga minta untuk melakukan optimalisasi pemanfaatan dana stimulus terkait penanganan Covid-19 dan melakukan percepatan penyerapan dana tersebut, sehingga penyebaran kasus Covid-19 dapat dicegah dan penanganan terhadap pasien positif dapat dimaksimalkan,” demikian Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Prof Dr.dr Abdul Qodir, Sp.THT-KL(K).Phd ., saat memberikan sambutan serah terima jabatan pimpinan tinggi pratama (Eselon II) di lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan yang berlangsung daring, di Ruang Auditorium Lantai 1 Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Azhar Jaya meminta kepada para pejabat dan Direksi yang baru dilantik, untuk membuat peta dan rencana tindak lanjut yang bersifat strategis, dalam penanganan Covid-19 serta persiapan memasuki tatanan normal baru di lingkungan satuan kerja masing-masing.

“Tidak lupa saya ingatkan, agar saudara senantiasa memberikan perhatian khusus keselamatan pada petugas medis dan nonmedis dalam penanganan, diberikan penanganan khusus dan berikan APD yang lengkap. Saya minta saudara –saudara yang baru saja menerima jabatan untuk turun langsung ke lapangan. Jangan hanya kerja di belakang meja, dan saya harap dapat bekerja sama dengan seluruh staf tanpa meminta pelayanan lebih dari staf,” tegas Prof Abdul Qodir

Dalam serah terima jabatan ini, terjadi pergantian pejabat di lingkungan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, yaitu Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum, dan Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan.

Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, Dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG., (K). M.Kes., dalam kesempatan itu, mengatakan bahwa pelantikan kemudian dilanjut dengan sertijab dari PLT Direktur Medik Perawatan dan Penunjang kepada direktur yang terpilih, kemudian dari PLT Direktur POU Perencanaan Organisasi dan Umum kepada pejabatnya yang terpilih Bapak Khadirin, harus disyukuri sebagai sebuah anugerah, dan mudah-mudahan bagi yang bersangkutan menjadi amanah.

Ia menekankan, arahan dan sambutan PLT Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan yang antara lain harus tetap menjaga kualitas diri dan menjaga diri.

“Tidak kalah penting adalah di tengah situasi seperti ini, kita bisa tetap hidup dalam tanda petik, artinya hidup itu dalam falsafah Jawa ‘Urip itu kudu Urup’. Jadi, kalau kita hidup harus dapat memberikan kehidupan pada yang lain,” kata dr. Rukmono.

Dr. Rukmono berharap, agar semua jajarannya mampu bekerja sama, dan menyadari adanya risiko-risiko besar dari kebijakan yang sudah diambil.

“Saya minta saudara-saudara memahami ini sebagai sebuah misi yang nanti bukan sopo sing menang (bukan siapa yang menang). Misinya itu sederhana saja, saya ingin mendudukkan segala sesuatunya secara profesional dan adil. Itu saja,” tegas dr. Rukmono.

Sementara itu, Khadirin, SIP., MARS, Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSUP Dr. Sardjito yang baru saja dilantik, berharap dengan bergabungnya dirinya bisa menjadi salah satu perekat dan tidak menjadikan permusuhan.

“Saya mohon bantuan, dukungan, dan untuk selalu diingatkan dan dibimbing. Saya sangat terbuka, kalau saya ada salah, ada keliru, mohon saya  ditegur, diingatkan, mohon kita bisa bekerja sama  dengan baik,” katanya.

Sedangkan pejabat baru Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUP Dr. Sardjto Yogyakarta,

Dr. dr. Sri Mulatsih, MPH, Sp.A (K)., menggarisbawahi dan mengamin yang sudah disampaikan Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito.

“Kita di 4 direksi ini akan menyatu dalam fungsi dan operasional, sehingga kita akan menghilangkan gap yang mungkin nanti masih ada dinding-dinding kuat harus kita jebol pelan-pelan, dalam arti positif. Kita harus menempatkan RS kita adalah  Akademik Medical Center, Jadi mau tidak mau, semua bagian harus mendukung program itu,” ujarnya.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.