Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
HEADER1b
header kebiasaan baru new
GANTI SUITE ROOM
esc
slide_1200x500_call_center
early screening header web

Wujud Nyata Komitmen RSUP Dr. Sardjito Dalam Peringatan Hari Pelanggan Nasional

YOGYAKARTA – Dalam rangka peringatan Hari Pelanggan Nasional, RSUP Dr. Sardjito senantiasa berkomitmen meningkatkan value pelayanan kesehatan baik bagi pelanggan internal maupun eksternal rumah sakit. Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG(K), M.Kes. bersama jajaran direksi dan didampingi pejabat eselon III – IV membagikan masker kepada pasien maupun keluarga pasien yang berada di Gedung Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. Sardjito, Jum’at (4/9). Dalam kesempatan kali ini, Direktur Utama menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pelanggan rumah sakit yang telah mempercayakan pelayanan kesehatan kepada RSUP Dr. Sardjito. Tidak lupa beliau juga menyampaikan terima kasih kepada mitra rumah sakit yang selama ini telah berkolaborasi dengan baik guna mendukung terciptanya pelayanan yang paripurna bagi seluruh pelanggan. Dr. Rukmono juga kembali mengingatkan akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 dalam kehidupan bermasyarakat karena kita semua berpotensi tertular atau bahkan menularkan virus kepada orang lain.

“RSUP Dr. Sardjito berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik yang bernilai sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara nyata oleh pelanggan internal maupun eksternal rumah sakit. Saat ini kita semua sedang berada di era yang penuh keprihatinan karena pandemi Covid-19 ini, hendaknya kita tetap mematuhi protokol kesehatan dengan baik dan senantiasa berdoa agar diberikan kekuatan, keselamatan dan segala kemudahan dalam menghadapi cobaan ini.”

Selain di Gedung Instalasi Rawat Jalan, Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang, Dr. dr. Sri Mulatsih, Sp.A(K), M.P.H bersama Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian, drg. Nusati Ikawahju, M.Kes. juga membagikan masker kepada pasien maupun keluarga pasien yang berada di Gedung Instalasi Kanker Terpadu Tulip. dr. Mulat menyampaikan bahwa sebagai orang yang sering berkunjung ke rumah sakit untuk berobat, pasien maupun keluarga pasien merupakan golongan yang rentan akan infeksi dikarenakan daya tahan tubuh yang menurun sehingga harus dijaga tidak hanya yang sedang sakit, namun juga yang sehat dengan mematuhi protokol kesehatan. Selama berobat di rumah sakit, pasien maupun keluarga pasien harus tetap menerapkan physical distancing atau menjaga jarak 1 meter, jangan lupa mencuci tangan menggunakan sabun, tetap memakai masker dimanapun berada serta menghindari tempat kerumunan apabila tidak berkepentingan. Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (UPKRS) dalam kesempatan ini turut mensosialisasikan Adaptasi Masa Baru melalui penyuluhan kesehatan.

Kegiatan pembagian masker dilanjutkan dengan peluncuran Buku Panduan Masa Baru di Era Pandemi Covid-19 di Healing Garden yang turut dihadiri oleh jajaran direksi RSUP Dr. Sardjito, Ketua Komite Kooordinasi Pendidikan, Ketua Komite Medik, Ketua KSM Penyakit Dalam, Kepala Instalasi Rawat Jalan, Kepala Instalasi Rawat Inap I dan Perwakilan Bank Mandiri. Direktur Utama menyampaiakan ungkapan terima kasihnya kepada tim yang telah melakukan inovasi dalam menyusun Buku Panduan Masa Baru di Era Pandemi Covid-19 yang ke depannya diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan bagi civitas hospitalia maupun seluruh pelanggan RSUP Dr. Sardjito dalam menghadapi Masa Baru yang merupakan singkatan dari Masa Adaptasi Kehidupan Baru.

“Eksistensi kita sebagai siapapun akan bermakna apabila kita mempunyai karya yang bermanfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat. Terima kasih kami ucapkan kepada tim penyusun buku panduan dan segenap civitas hospitalia yang turut serta mendukung penyusunan buku ini sebagai pedoman yang dapat digunakan bersama berdasarkan hasil pengkajian mendalam yang sifatnya dinamis atau dapat disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada.”

Setelah peluncuran buku, jajaran direksi RSUP Dr. Sardjito melanjutkan perjalanan menuju Gedung Bedah Sentral Terpadu (GBST) lantai 1 untuk meresmikan Grand Opening Sardjito Laundry. Sardjito Laundry merupakan layanan mencuci mandiri (Self Service Laundry) yang diperuntukkan bagi penunggu pasien, peserta didik maupun tenaga kesehatan lain yang berada di lingkungan RSUP Dr. Sardjito. Keberadaan 5 mesin cuci dengan masing-masing kapasitas maksimal 9 kg siap memberikan kemudahan bagi pelanggan rumah sakit yang ingin mencuci dan mengeringkan baju. Pelanggan diberikan waktu selama 1 jam untuk mengoperasionalkan mesin cuci sesuai dengan tata tertib yang berlaku. Metode pembayaran di Sardjito Laundry adalah cashless sehingga pelanggan dapat dengan mudah melakukan pembayaran melalui scan QR Code link aja dan OVO.

Serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pelanggan Nasional diakhiri dengan Webinar tentang Reaksi Cepat Pada Kegawatdaruratan yang disampaikan oleh Ketua Tim Siaga Stroke, dr. Paryono, Sp.S(K) bersama Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito di Ruang Webinar, Gedung Diklat. Stroke dipilih sebagai materi di Hari Pelanggan Nasional karena stroke merupakan penyebab kematian no 2 di dunia & no 1 di Indonesia dengan prevalensi 8.2 per 1000 population /th. Sedangkan di  Yogyakarta, angka kematian stroke berada di  urutan no 3 (28.3%) dan merupakan penyebab utama kecacatan (+ 90 %). RSUP Dr. Sardjito memiliki Tim Siaga Stroke yang merupakan suatu sistem layanan stroke akut dimana timnya terdiri dari staf bidang stroke, dihubungkan lewat WA dan/atau telpon yang diaktivasi di IGD via single call (ke operator), dan memiliki target untuk memberikan terapi definitif stroke di fase akut. Medical Check Up (MCU) Stroke merupakan salah satu inovasi RSUP Dr. Sardjito yang menyediakan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui status kesehatan seseorang yang berkaitan dengan status kesehatan otak dan potensi terhadap serangan stroke, sehingga dapat mengantisipasi dan merencanakan pengobatan serta tindak lanjut pemeriksaan. Sebagai penyakit yang berpotensi menjadi penyebab nomor 2 kematian dan penyebab utama kecacatan, perlu dilakukan tindakan pencegahan secara dini dengan mengetahui faktor risiko stroke dan pemeriksaan fungsi otak secara menyeluruh dengan hasil status kesehatan berdasarkan faktor risiko stroke dan aktivitas fungsi otak. Pemeriksaan ini dapat menilai dan mengetahui kemungkinan risiko lain yang dapat dideteksi selama pemeriksaan berlangsung. Kini, pelanggan RSUP Dr. Sardjito dapat menikmati pelayanan MCU Stroke di Gedung Instalasi Rawat Jalan Lantai 4 dengan mudah sebagai langkah antisipasi stroke sejak dini. Untuk informasi lebih lanjut tentang MCU Stroke, silakan menghubungi Layanan Stroke Cepat RSUP Dr. Sardjito melalui nomor telepon (0274) 502 6666.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.