Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
header selamat tahun baru pth
rapid test

KEGIATAN BAKTI SOSIAL OPERASI KATARAK “KESEHATAN MATAKU, INVESTASI MASA DEPANKU”

YOGYAKARTA (13/12/2020), Katarak adalah penyebab utama kebutaan di Indonesia. Katarak merupakan penyakit mata yang ditandai dengan mengeruhnya lensa mata, sehingga membuat penglihatan kabur. Kondisi ini umumnya terjadi pada lansia, dan bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata sekaligus. Operasi menjadi solusi pengobatan katarak, selain menjaga kualitas kesehatan mata.

Dalam rangka Dies Natalis UGM ke-71 dan HUT ke-39 RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, KSM Mata bekerjasama dengan Baznas dan PERDAMI menyelenggarakan operasi gratis bagi penderita katarak khususnya Keluarga Harapan Penduduk Gunung Kidul yang tidak memiliki jaminan kesehatan. Kegiatan bakti sosial ini sebagai bentuk kepedulian UGM dan RSUP Sardjito Yogyakarta terhadap derajat kesehatan masyarakat Gunung Kidul khususnya dalam hal kesehatan mata.

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dilaksanakan di Kamar Operasi Mata (OK Mantab) pada Minggu (13/12) yang diawali dengan Laporan Ketua Panitia oleh dr. Firman Setya Wardhana, Sp.M(K), M.Kes yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG(K). M.Kes. Dalam Sambutannya dr. rukmono berterima kasih pada semua peihak yang berkontribusi pada kegiatan ini, terutama KSM Mata/FKKMK dan juga Baznas selaku badan yang merekrut pasien, harapannya Bakti sosial sperti ini tidak hanya dinikmati oleh penduduk di Gunung Kidul tetapi akan merata di Sleman dan DIY pada Umumnya. Hadir dalam pembukaan adalah Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang, Dr.dr. Sri Mulatsih, Sp.A(K)., MPH, Ketua Bank Mata, Prof dr, Suhardjo, Sp.M(K), Ketua Perdami Cabang Yogyakarta, dr. Purjanto Tepo, Sp.M(K) dan Ketua Baznas Kabupaten Gunung Kidul.

Bakti sosial ini akan dilakukan terhadap 36 orang yanga akan dibagi menjadi 3 termin yaitu tanggal 13, 19 Desember 2020 dan 23 Januari 2021. Tahap pertama, 12 orang yang lolos screening dengan rapid test sebelumnya telah menjalani pemeriksaan mata, tanda vital dan GDS, serta tes swab antigen sebelum pelaksanaan operasi katarak dengan mengutamakan protokol kesehatan. Menurut salah satu pasien Bapak Junadi (65 tahun) sangat berharap adanya bakti social operasi Katarak Gratis ini bisa mengembalikan penglihatannya setelah beberapa bulan yang lalu salah satu matanya sudah dilakukan operasi dan berhasil dengan baik. Disampaikan pula keluarga Ny. Azizah (50 tahun), berterimakasih kepada pihak yang membantu dan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta khususnya dengan sangat baik, terkoordinir mulai dari cleaning service, satpam, tukang parkir sampai petugas yang melakukan penangnan Operasi ini. Pesan untuk RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, kegiatan ini lebih disosialisasikan ke masyarakat luas karena banyak masyarakat yang belum tahu. Semoga RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta tambah maju dan dapat melayani masyarakat dengan baik.

 

-Bagian Hukormas-

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.