Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333   
HEADER WEB GENOSE
HEADER WEB GENOSE2
HEADER WEB (1)
header amarta privilage
header web selamat ultah
rapid test

Komitmen RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta Dalam Mendukung Program 1 Juta Vaksin Bagi Nakes

YOGYAKARTA – Dalam rangka mendukung program Kementerian Kesehatan dalam percepatan penanggulangan virus Covid-19, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta memfasilitasi kegiatan vaksinasi bagi tenaga kesehatan (nakes) di lingkungan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.  Adapun target pada tahapan program vaksinasi perdana yang dijadwalkan selama 7 hari sejak Jum’at (22/1) hingga Kamis (28/1) di Gedung Instalasi Rawat Jalan lantai 5 RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta ini sebanyak 1794 nakes yang terdiri dari pegawai rumah sakit, pegawai outsourching dan peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). Kepala Seksi Pelayanan Medik Rawat Jalan, dr. Muhammad Tri Saksono Darmawan, Sp.A. dalam laporannya menyampaikan, adapun jumlah nakes di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta sebanyak 5114 orang, sehingga masih ada selisih nakes yang akan dijadikan prioritas untuk program vaksinasi berikutnya. Selanjutnya, rencana pemberian vaksin booster selanjutnya akan dilakukan mulai bulan Februari mendatang.

Pelaksanaan program vaksinasi di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Para penerima vaksin diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menunjukkan KTP dan ID Card pegawai yang dilanjutkan dengan proses screening kesehatan oleh tim medis, pemberian vaksinasi dan pemantauan kondisi setelah 30 menit mendapatkan suntikan vaksin. Salah satu PPDS penerima vaksin, dr. Ade Anugerah menyampaikan dukungannya terhadap program vaksinasi ini.

“Meskipun banyak polemik di luar tentang vaksin sinovac, Saya sangat antusias mengikuti program ini karena sadar bahwa saya bekerja di area resiko tinggi tertular virus Covid-19 seperti di IGD maupun Ruang OK, dimana tidak semua pasien teridentifikasi Covid-19 sehingga vaksinasi ini kami butuhkan agar kami lebih merasa aman. Selain itu, kami juga tetap menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksin.”

Selain berkomitmen mendukung program vaksinasi, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta juga menerapkan pemantauan efek  vaksin atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) bagi  nakes yang sudah mendapatkan vaksin dengan mengisi link yang telah disediakan oleh pihak rumah sakit. Pihak rumah sakit juga berharap untuk pelayanan vaksin booster berikutnya dapat didukung dengan ketersediaan vaksin yang memadai, ketepatan alur serta fasilitas yang lebih baik lagi.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.