Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

RSUP Dr. Sardjito Gelar Vaksinasi ke-3 bagi Nakes

 

YOGYAKARTA – Civitas hospitalia RSUP Dr. Sardjito silih berganti mengikuti vaksinasi  ke-3 yang diselenggarakan di Pusat Jantung Terpadu pada Sabtu, 31 Juli 2021 sejak pukul 08.00 WIB.  Vaksin dosis ketiga ini diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (Nakes) di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Adapun sasaran vaksinasi ini dilakukan pada 4.222 nakes serta civitas hospitalia. Penyelenggaraan vaksin akan dikerjakan selama tiga hari sejak Sabtu hingga Senin.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., M.M.R. menyampaikan bahwa pada vaksinasi dosis ketiga ini menggunakan vaksin Moderna. Di hari pertama pelaksanaan, vaksinasi diikuti oleh 1.325 nakes. Harapannya, dengan dilakukan vaksin tahap ketiga, antibodi yang terbentuk di dalam tubuh nakes semakin meningkat, karena tenaga kesehatan berada dalam zona layanan covid sehingga harus mendapatkan imunitas lebih kuat agar mampu melayani masyarakat.

“Untuk vaksinasi tahap ketiga ini tentu harus melalui vaksin tahap pertama dan kedua, baru diberi yang ketiga ini. Ditargetkan semuanya sudah divaksin sampai Senin (2/8/2021) besok,” papar     dr. Eniarti

Pemberian vaksis dosis ketiga bagi nakes penting untuk dilakukan karena mereka berada di garda depan zona pelayanan Covid-19. Adapun nakes yang menerima vaksin meliputi tenaga dokter spesialis, dokter sub spesialis, umum, perawat, hingga nakes penunjang lainnya. Sedangkan untuk vaksin tahap ketiga ini, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta mendapat 250 vial vaksin, dimana satu vial vaksin Moderna bisa diberikan kepada 15 orang dan dilakukan penyuntikan cukup satu kali saja.

“Mereka jadi prioritas. Sebab mereka paling berisiko terpapar selama sekian jam bersama pasien Covid-19,” terangnya

Dalam sambutannya, Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta menerangkan pula bahwa dalam waktu bersamaan, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta bersama RS DKT, FKKMK UGM dan Dinas Kesehatan sedang melaksanakan vaksinasi di Graha Sabha Pramana untuk masyarakat umum, Civitas UGM dan untuk mahasiswa dengan sistem drive thru melalui pendaftaran online.

Disampaikan pula oleh Konsultan Alergi Immunologi Klinik – dr. Deshinta Putri Mulya.,M.Sc,Sp.PD.KAI(K) dari Sub Alergi Imunologi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, memberikan tambahan penjelasan bahwa vaksinasi tahap ketiga ini perlu dilakukan karena nakes butuh booster. Nakes yang sudah divaksin menggunakan vaksin Sinovac pada Januari dan Februari 2021 lalu perlu diperkuat kembali antibodinya dengan booster vaksin ketiga ini.

Menurut dr. Deshinta, dari hasil penelitian, antibodi seseorang yang sudah divaksin Sinovac akan menurun setelah enam bulan sehingga khusus tenaga kesehatan yang setiap hari bersinggungan dengan pasien Covid-19 harus diperkuat lagi antibodinya. Vaksin Moderna menjadi pilihan karena memiliki beberapa kelebihan, di antaranya vaksin ini memiliki bahan dasar yang berbeda dengan vaksin Sinovac. Moderna ini berbasis mRna corona, keunggulan vaksin Moderna akan memicu respon seluler yang lebih baik. Sementara itu, terkait dengan efikasi atau kemanjuran vaksin Moderna berdasarkan dari penelitian mencapai 80 sampai 95 persen.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.