Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333   

Serah Terima Kelola Ruang ICU Covid dari Kementerian PUPR ke Kementerian Kesehatan melalui RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

YOGYAKARTA – Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dr. Eniarti, M.Sc. Sp.KJ., M.M.R. dan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Balai Wilayah D.I.Yogyakarta, Arief Wahyu Sa’bani, S.T. menandatangani Berita Acara Serah Terima Kelola Ruang ICU Covid dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Kementerian Kesehatan melalui RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Rabu (18/8) di Ruang Bulat, Gedung Administrasi Pusat. Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum; Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang; serta perwakilan dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku Pelaksana Konstruksi Bangunan; PT Virama Karya (Persero) selaku Konsultan Pengawas dan Kementerian PUPR sebagai Penyandang Dana.

Pembangunan Ruang Isolasi Intensive Care Unit (ICU) Covid Dewasa (Gathotkaca 4) ini merupakan optimalisasi layanan  di masa pandemi dengan memanfaatkan lahan parkir di Gedung Parkir RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta lantai 3. Sesuai dengan rencana, Ruang ICU ini diperuntukkan bagi pasien covid yang membutuhkan perawatan pasien kritis mengingat saat ini positif rate pasien covid di DIY masih mencapai 53% dari populasi yang ada.

Ruangan ini dibangun dengan konsep terintegrasi, dimana terdiri dari 65 bed yang dilengkapi dengan pelayanan penunjang seperti satelit farmasi, radiologi, laboratorium, gizi, dan ruang dekontaminasi. Adapun perencanaan 65 tempat tidur ini, sebanyak 62 akan digunakan sebagai ruang isolasi intensif, sedangkan 2 tempat tidur lain akan dipergunakan untuk ruang cuci darah pasien terkonfirmasi Covid-19 dan 1 tempat tidur untuk penempatan Extracorporeal Membrane Oxygenerator (EMCO) untuk mendukung sementara fungsi paru-paru dan jantung pasien Covid-19 selama masa pemulihan. Selanjutnya, ruang intensif covid yang sudah ada saat ini akan dipusatkan ke Gatotkaca 4 sehingga mutu, keselamatan dan efisiensi layanan akan terjaga. Ruang ini telah melalui tes kelayanan teknis, uji fungsi alat-alat, dan juga dilakukan training penggunaan gedung bagi SDM yang akan bertugas sehingga dapat mulai beroperasi pada Kamis, 19 Agustus 2021 mendatang.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.