Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Bagaimana Pemberian ASI pada Ibu Terkonfirmasi Covid-19?

Salam sehat bunda dan para calon orang tua. Selamat kepada orang tua baru atas kelahiran bayinya dan juga calon orang tua yang saat ini sedang menunggu kelahiran calon bayi. Merujuk data dari POGI (2021), lebih dari 500 ibu hamil terinfeksi Covid-19 dan 4,5% diantaranya membutuhkan perawatan intensif, angka ini mungkin akan terus bertambah mengingat persebaran Covid-19 masih tinggi. Hal ini memunculkan kekhawatiran pada ibu hamil, apakah aman memberikan ASI  pada ibu terkonfirmasi positif.

Merujuk pada rekomendasi WHO (2020) ibu yang suspek maupun terkonfirmasi covid-19 harus didorong untuk memulai maupun melanjutkan menyusui mengingat lebih banyak manfaat yang didapat daripada resiko penularan. Ibu dapat sepanjang hari bersama dengan bayi, melakukan kontak kulit maupun perawatan kanguru. Penelitian yang pernah dilakukan pada ibu terkonfirmasi Covid-19, ditemukan IgG dan IgA pada ASI yang berpotensi memberikan perlindungan pada bayi2. Perawatan ibu melahirkan suspect ataupun terkonfirmasi positif covid-19 di salah satu rumah sakit rujukan covid di Yogyakarta, jika ibu dan bayi kondisi baik dilakukan perawatan rooming-in atau rawat gabung dimana ibu dan bayi tetap dirawat di ruang isolasi dan bayi disusui langsung oleh ibu dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan. Sementara saat salah satu ibu maupun bayi yang tidak memungkinkan dilakukan rawat gabung seperti pada kondisi bayi prematur, ibu perlu perawatan intensif maupun bayi yang membutuhkan perawatan intensif tenaga kesehatan akan menganjurkan ibu untuk melakukan perah ASI, namun saat kondisi ibu tidak memungkinkan untuk melakukan perah ASI tenaga kesehatan akan meminta keluarga untuk mencarikan donor ASI.

Virus covid-19 menular melalui droplet yang dapat keluar saat bernafas atau berbicara. Oleh karena itu berikut rekomendasi menyusui bayi dengan ibu terkonfirmasi covid-19 adalah sebagai berikut : 1

  1. Cuci tangan ibu minimal 20 detik sebelum menyentuh bayi atau memerah ASI
  2. Gunakan masker yang menutup mulut dan hidung, hindari berbicara atau batuk selama menyusui atau memerah ASI
  3. Segera ganti masker setelah batuk, bersin atau selesai menyusui
  4. Bersihkan dengan tepat pompa ASI setelah digunakan
  5. Pertimbangkan bantuan seseorang yang sehat untuk memberikan ASI dengan sendok atau cangkir

Memberikan ASI pada bayi baru lahir memiliki manfaat yang sangat besar diantaranya mengandung protein yang dapat memberikan perlindungan bayi terhadap infeksi, mengandung enzim yang dapat melindungi usus, melindungi bayi terhadap kematian dan kesakitan. Manfaat menyusui bagi ibu dapat mengurangi risiko perdarahan, menurunkan resiko penyakit kanker indung telur, membantu menurunkan berat badan, sebagai kontrasepsi alami.

Beberapa ibu dapat memilih memberikan ASI donor jika terdapat kendala dalam menyusui langsung maupun memerah ASI hal ini sangat mungkin mengingat seseorang yang terinfeksi covid-19 dapat bergejala berat dan kritis. Beberapa pilihan pemberian ASI pada bayi dengan ibu terkonfirmasi positif covid-19 tersebut harus diinformasikan kepada ibu ataupun keluarga terdekat, sehingga pasien dan keluarga memiliki pengetahuan yang cukup untuk memutuskan memberikan ASI secara langsung, ASI perah ataupun memberikan ASI donor selama ibu menjalani isolasi mandiri.

Bagi Ibu terkonfirmasi positif, silakan untuk tetap memberikan ASI kepada bayi baik menyusui langsung, ASI perah maupun ASI donor. Khusus pemberian ASI donor, ibu disarankan tetap memerah ASI minimal 6x sehari untuk tetap mempertahankan produksi ASI. Semoga bunda dan adik bayi selalu sehat tetap semangat, patuhi protokol Kesehatan!

 

Kontributor :

Surya Andina Mujiyani., S.Kep.,Ns

Kelompok Fungsional Keperawatan Maternitas

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

 

Sumber rujukan

  1. Calil VMLT, Krebs VLJ, De Carvalho WB. 2020. Guidance on breastfeeding during the Covid-19 pandemic. Rev Assoc Med Bras. 66(4):541–546. doi:10.1590/1806-9282.66.4.541.
  2. Dong Y, Chi X, Hai H, Sun L, Zhang M, Xie WF, Chen W. 2020. Antibodies in the breast milk of a maternal woman with COVID-19. Emerg Microbes Infect. 9(1):1467–1469. doi:10.1080/22221751.2020.1780952.
  3. 2020. Breastfeeding and COVID-19. Bull Acad Natl Med. 204(9):e140–e141. doi:10.1016/j.banm.2020.09.030.
Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.