Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333   

Cuci Tangan Untuk Memutus Rantai Penularan Infeksi

Cuci tangan adalah hal yang cukup sederhana tetapi mempunyai manfaat yang luar biasa jika dilakukan dengan benar. Cuci tangan sering dianggap remeh oleh beberapa orang, sebagian orang tidak mempedulikan tentang cuci tangan. Ada berbagai faktor yang menyebabkan beberapa orang tidak melakukan cuci tangan dengan benar, salah satunya yaitu kurangnya edukasi atau informasi yang diperoleh. Sudahkah anda cuci tangan dengan benar, mari simak tentang cuci tangan dan langkahnya.

Hand hygiene merupakan cara membersihkan tangan dengan menggunakan sabun atau cairan handrub sesuai dengan prosedur yang benar. Hand hygiene merupakan membersihkan tangan dengan sabun dan air (handwash) atau handrub berbasis alkohol yang bertujuan mengurangi atau mencegah berkembangnya mikroorganisme ditangan (WHO, 2009).

Lima  waktu cuci tangan yaitu Sebelum menjamah makanan, Setelah makan, Sebelum menyusui, Setelah BAB & BAK, Setelah beraktivitas. Cuci tangan tidak hanya diperlukan bagi petugas kesehatan namun juga pasien dan keluarga. Melibatkan dan berkomunikasi dengan pasien dan keluarga pasien merupakan salah satu langkah menuju keselamatan pasien. Cuci tangan merupakan teknik dasar yang paling penting dalam pencegahan dan pengendalian infeksi. Beberapa Manfaat cuci tangan yaitu untuk menghindari penularan penyakit melalui tangan, untuk menjaga kebersihan diri (perorangan), untuk membuat tubuh kita tetap sehat dan bugar, agar tidak menjadi agen penularan bibit penyakit kepada orang lain. Waktu mencuci tangan dilakukan 40-60 detik jika menggunakan sabun,dan 20-40 detik jika menggunakan hand rub (handsanitizer) Enam langkah cuci tangan menururt WHO:

  1. Basahi telapak tangan ambil sabun dan cuci telapak tangan dengan gerakan memutar
  1. Gosok punggung tangan bagian kanan dan kiri. Pastikan seluruh punggung tangan terkena sabun
  1. Gosok sabun ke sela-sela jari. Sela-sela jari menjadi salah satu tempat bersembunyinya kuman.
  1. Bersihkan punggung tangan dengan gerakan saling mengunci.
  1. Bersihkan ibu jari bagian kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan memutar
  1. Bersihkan ujung jari kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan menguncup dan memutar searah jarum jam.

Adanya informasi atau edukasi yang dilakukan dapat membuat orang untuk melakukan cuci tangan dengan benar. Edukasi dapat diberikan menggunakan beberapa metode dan menggunakan media yang menarik dan mudah. Hal ini diharapkan orang memahami manfaat cuci tangan  dan mampu meningkatkan tingkat kepatuhan seseorang untuk melakukan cuci tangan dengan benar.

 

Kontributor :

Kurnia Dwi S., AMK

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.