Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333   

Daring Sehat di Saat Pandemi

Era digitalisasi telah merambah dunia, sepuluh tahun terakhir ini dunia telah mengalami laju perkembangan tekhnologi yang cukup pesat. Semua kebutuhan kehidupan ditopang oleh adanya tekhnologi, semakin canggih tekhnologi maka semakin mampu menghadapi persaingan dunia dalam semua bidang. Seiring perkembangan dan kemajuan tekhnologi dunia kesehatan diguncang oleh adanya fenomena yang cukup membuat dunia merintih yaitu adanya wabah virus corona 19. Berbagai macam cara, sumber daya dan energi telah difokuskan untuk penanganan pandemi corona 19. Edukasi, himbauan, bahkan peraturan pemerintah mengatur bagaimana untuk menangani perluasan wabah corona 19. Yang paliang gencar adalah penerapan protokol kesehatan yang harus diterapkan kepada semua lapisan masyarakat. Sering cuci tangan, tetap memakai masker, menjaga jarak (physical distancing), tidak berkerumun (social distencing ), membatasi aktifitas yang tidak perlu, bahkan pemerintah menetapkan WFH (Work From Home). Untuk acara acara kegiatan atau pekerjaan seperti rapat tetap harus dilakukan tetapi dengan cara yang memenuhi persyaratan prokes, dan yang paling umum diberlakukan adalah rapat/ meeting metode daring. Berikut adalah tips tetap sehat saat rapat daring:

  1. Cara duduk ergonomis

Perhatikan cara duduk kita saat melaukan aktifitas daring, kita harus pastikan bawa cara duduk kita selama dalam melakukan aktifitas daring (duduk dalam waktu yang cukup lama) tidak menimbulkan masalah kesehatan kita dikemudian hari.  Yaitu harus ergonomis : duduk tegap tidak membungkuk, posisi leher tegap tidak menunduk kedepan, atur kursi sehingga sandaran menopang lekuk tulang belakang.

  1. Jaga jarak

Bila melakukan daring berdama sama pastikan jarak antara peserta minimal 1,5 meter dan tetap menggunakan masker.

  1. Jaga kesehatan mata

Jarak mata dari layar monitor jangan terlalu dekat (minimal 3 cm) untuk menghindari pancaran sinar monitor berlebihan yang dapat membuat kelelahan pada mata. Terapkan sistem 20-20-20, artinya setiap 20 menit menatap layar monitor beristirahatlah selama 20 detik dengan mengarahkan pandangan ke tempat lain sejauh 20 feet (sekitar 6 meter).

  1. Pastikan sistem perlistrikan tetap aman

Penggunaan stop kontak dengan beban listrik berlebih harus dihindarkan menghindari konsleting, dan atur jalur lalu lalang perkabelan secara aman dan rapi.

  1. Perlu relaksasi

Lakukan peregangan setelah melakukan aktifitas di depan monitor selama 2 jam (pereganan terutama di bagian kepala, leher, tangan dan punggung) untuk menjaga kelancaran peredaran darah kembali dan menjaga terhindar dari kekakuan otot dan sendi

  1. Jangan melakukan aktifitas daring sambil beraktifitas yang lain

Sering melakukan aktifitas daring sambil mengendarahi mobil ataupun bahkan motor. Hal ini sangat membahayakan karena koordinasi dan konsentrasi akan terganggu yang dapat berakibat sangat buruk.

 

Kontributor :

Nurul Farida, SKM,MM.

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.