Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333   

Pentingkah “PLASMA KONVALESEN” Bagi Penderita Covid-19?

Plasma Konvalesen adalah sesuatu yang sangat diharapkan ada secepatnya pada saat kita atau keluarga kita, teman kita sedang menderita penyakit Covid-19. Kita berharap agar komponen ini segera ditransfusikan ke tubuh  pasien dan berharap kondisi kesehatannya segera membaik dan sembuh dari Covid-19. Banyak sekali di medsos kita lihat, banyak status whatsapp yang menayangkan seseorang yang mencarikan pendonor dengan berbagai jenis golongan darah. Tentu kita sebagai pembaca yang baik juga sering ikut serta membantu menyebarluaskan informasi tersebut dan berharap ada orang baik yang mau mendonorkan darahnya. Tentu saja dengan persyaratan khusus yang harus dipenuhi.

Apakah sebenarnya plasma konvalesen itu? Apakah dapat menjadi komponen penting dalam penyembuhan pasien Covid-19? Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa terapi plasma konvalesen dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan COVID-19. Plasma konvalesen didapatkan dari plasma darah donor atau sumbangan dari pasien yang telah sembuh dari Covid-19 (penyintas Covid-19) kepada pasien Covid-19 (1). Plasma darah dipisahkan dari sel darah merah dengan mesin khusus kemudian komponen darah lainnya dikembalikan ke tubuh (2).

Dalam plasma darah, terdapat antibodi yang muncul sebagai respon tubuh ketika terinfeksi suatu virus atau bakteri, termasuk virus Corona. Antibodi dalam jumlah yang cukup akan mampu melawan virus atau bakteri yang ada dalam tubuh. (1)

Plasma darah ditransfusikan ke dalam tubuh pasien diharapkan antibodi yang ada mampu menangkal virus yang menginfeksi anggota tubuh lainnya. Perannya dapat dikatakan sebagai vaksinasi pasif. Bila diterapkan dengan baik dan benar akan berperan sebagai metode pengobatan dan pencegahan terhadap serangan Covid-19. (2)

Plasma konvalesen dapat diberikan terutama pada pasien yang berumur minimal 18 tahun dengan gejala penyakit yang berat atau kondisi kritis dan di rawat inap rumah sakit. Pasien dengan gejala ringan, tanpa gejala atau penderita yang menjalani isolasi mandiri tidak membutuhkan terapi ini. Plasma konvalesen tidak dapat menggantikan fungsi vaksin COVID-19 sehingga tetap diberikan vaksinasi setelah minimal 90 hari pasca pemberian plasma konvalesen.(1,3)

Manfaat terapi plasma konvalesen pada pasien COVID-19 antara lain:

  • Mempercepat penyembuhan dan pemulihan
  • Meringankan gejala yang dialami, seperti sesak napas, nyeri dada, atau demam
  • Mencegah komplikasi dan menurunkan tingkat keparahan penyakit
  • Menurunkan risiko kematian (1)

Melihat manfaat yang cukup baik terhadap pemberian plasma konvalesen pada pasien covid derajat berat maka penting sekali untuk segera diberikan tranfusi plasma konvalesen sesuai golongan darahnya. Tentu saja setelah mendapat advice dari dokter penanggung jawab pasien. Pada kenyataan di lapangan sejauh pengamatan penulis, ternyata ini tidak mudah dan tidak secepat yang diharapkan. Banyak kendala yang dihadapi di lapangan, misalnya ketersediaan stok darah di Unit Pelayanan Transfusi Darah (UPTD). Ada golongan darah tertentu yang memang langka atau pada saat banyaknya pasien covid sehingga ketersediaan plasma tidak sebanding dengan kebutuhan. Pada unit UPTD sendiri juga ada kendala keterbatasan tenaga atau mesin apheresis yang ada sehingga butuh antrian bagi calon pendonor untuk menyumbangkan darahnya.

Penting juga apabila di ruangan perawatan covid mempunyai data lengkap pasien yang memenuhi kriteria pendonor setelah sembuh atau dimasukkan ke dalam komunitas penyintas covid sehingga ke depan dapat dihubungi untuk dapat menjadi pendonor bagi pasien yang membutuhkan. Kita semua berharap semoga pandemi segera berlalu, kita dapat bernafas bebas di udara terbuka tanpa rasa khawatir seperti sebelumnya.

 

Kontributor :

Sri Mardilah Wuryani

 ICCU RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

 

Referensi :

1.       Dr. Kevin Andrian. Mengenal Terapi Plasma Konvalesen untuk COVID-19, 27 Juli 2021, tersedia dalam https://www.alodokter.com/mengenal-terapi-plasma-konvalesen-untuk-covid-19, diakses 12 Agustus 2021

2.       Terapi Plasma Konvalesen, Pengobatan Alternatif Pasien COVID-19

http://indonesiabaik.id/infografis/terapi-plasma-konvalesen-pengobatan-alternatif-pasien-covid-19. diakses 12 Agustus 2021

  1. Suci Bangun D. Apa Itu Donor Plasma Konvalesen? Berikut Pengertian dan Syarat Jadi Pendonor Plasma Konvalesen. Tersedia dalam:

https://www.tribunnews.com/nasional/2021/07/13/apa-itu-donor-plasma-konvalesen-berikut-pengertian-dan-syarat-jadi-pendonor-plasma-konvalesen?page=4. diakses 12 Agustus 2021

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.