Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Tips Merawat Selang Sonde di Rumah

Selang nasogastrik atau Nasogastric Tube (NGT), atau biasa dikenal dengan istilah sonde adalah selang khusus yang dimasukkan melalui hidung melewati tenggorokan lalu kerongkongan dan menuju ke dalam perut (lambung). Untuk memastikan posisi selang tidak bergeser, selang diplester di sisi wajah dekat dengan hidung. Selang tersebut digunakan untuk memberikan makanan dalam bentuk cair, obat, dan cairan. Selain itu pemasangan selang NGT dapat bertujuan untuk mengeluarkan produk dari lambung.

Pada bayi, selang biasa dipasang melalui mulut atau dikenal dengan istilah Orogastric Tube (OGT). Selang yang digunakan sama, hanya ukuran dan cara pemasangannya yang berbeda. Hal ini dikarenakan ukuran saluran nafas pada bayi berbeda dengan dewasa. Penentuan ukuran selang NGT berdasarkan pada usia dan ukuran tubuh seseorang. Pada dewasa biasa menggunakan NGT ukuran Fr 16-18, pada anak ukuran Fr 8-10, sedangkan pada bayi ukuran Fr 3,5-6.

Terdapat bebarapa jenis selang NGT yang biasa digunakan berdasarkan bahan pembuatnya antara lain NGT berbahan Polyvinyl Chloride (PVC), Polyurethane (PUR), dan Silikon. Jangka waktu pemasangan selang NGT hanya selama 7 hari, setelah itu selang harus diganti. Selang NGT berbahan silikon lebih lentur dan memiliki kelebihan dapat digunakan lebih lama rata-rata hingga1-3 bulan pemasangan.

Pada kasus tertentu, beberapa pasien pulang dari rumah sakit dengan membawa selang NGT. Khususnya pada seseorang yang masih membutuhkan bantuan ekstra dalam pemberian makanan atau dalam mencukupi kebutuhan kalori harian, misal pada orang dengan gizi buruk yang memerlukan asupan kalori dalam jumlah tertentu, orang dengan gangguan atau ketidakmampuan makan lewat mulut dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diketahui mengenai perawatan selang NGT selama di rumah :

  1. Apabila usia anak-anak, jaga supaya tidak menarik selang NGT. Pastikan posisi selang tidak bergeser
  2. Selalu cuci tangan sebelum menyiapkan makanan, memberikan makanan atau obat-obatan. Setelah pemberian makanan, cuci spuit sampai bersih
  3. Saat pemberian makanan melalui selang NGT, posisikan kepala lebih tinggi
  4. Sebelum memasukkan makanan, lakukan pengecekan sisa makanan dengan cara menarik spuit.
  5. Bilas selang NGT dengan air dengan metode gravitasi setiap setelah pemberian makanan atau obat untuk menjaga agar selang tidak tersumbat. Jika air tidak mengalir, coba pasang pluger ke spuit dan dorong perlahan. Lalu tutup dengan rapat kembali selang NGT
  6. Ganti perekat pada sisi wajah jika terlihat kotor atau terkelupas. Monitor adanya kemerahan atau luka pada sekitar wajah yang tertempel perekat.
  7. Segera hubungi petugas kesehatan bila mendapati masalah seperti berikut :
  • Selang masih tersumbat meskipun sudah dibilas dengan air
  • Selang tercabut atau terlepas
  • Waktunya penggantian selang NGT (hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis)
  • Sisa makanan pada selang nampak tidak seperti biasanya (misalnya berwarna gelap)
  • Batuk, tersedak, atau muntah saat pemberian makanan
  • Perut nampak kembung atau keras saat ditekan
  • Demam
  • Tampak adanya darah pada sekitar selang, tinja atau dari sisa makanan pada selang NGT

Apabila masih merasa bingung dan mengalami kesulitan dalam melakukan perawatan selang NGT di rumah, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas kesehatan.

 

Oldy Mutiara Dewi S.Kep., Ns

KFK Anak RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.

Pengaduan anda, akan diajukan kemana?

KemenkesKemenpan