Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    1500 705 (Contact Center)   

Dirut RSUP Dr. Sardjito Harap Dharma Wanita Persatuan Jaga Kekompakan

YOGYAKARTA – Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, kini memiliki ketua baru, setelah Hj Sumiati Erwin Susanto, SE resmi dilantik sebagai ketua antar waktu masa bakti 2021-2025.

Dalam pelantikan yang digelar di Ruang Bulat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Senin (15/11/2021), Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dr. Eniarti, SpKJ, M. P. H , mengingatkan bahwa Dharma Wanita Persatuan adalah organisasi sosial, sehingga tidak bisa dinilai dengan finansial, melainkan rasa ikut berperan memberikan yang terbaik untuk organisasi.

Erniati mengatakan, anggota Darmawati ada lebih 4000 orang, sehingga harus dikekola dengan baik agar besarnya Dharma Wanita Persatuan tidak hanya besar pengurusnya, tetapi memang anggotanya memberikan support positif terhadap Dharma Wanita Persatuan.

Erniati dalam sambutan juga menyinggung keberadaan unit usaha Dharma Wanita Persatuan, yang menurutnya memerlukan tenaga ahli. Pasalnya, unit usaha yang dijalankan memiliki tanggung jawab finansial, sehingga otomatis perlu ada audit, dan pada suatu saat akan diaudit dlm rangka Tertib Administrasi.

Terkait hal itu, dr. Erniati mengatakan akan ada pendampingan dari bagian akuntansi untuk melihat pembukuannya. Apalagi, sekarang sudah di era digital dan tidak perlu mencatat, sehingga bagaimana ada aplikasi untuk pembukuan Darma Wanita.

“Karena Dharma Wanita Persatuan ada hubungannya pula dengan koperasi, ada hubungan dengan RS, hal ini harus jelas mana hak dan kewajiban dengan koperasi, mana hak dan kewajiban dengan rumah sakit, sehingga tidak bercampur baur,” kata dr. Erniati.

Demikian pula, lanjutnya, dalam AD/ART jika ada unit usaha dan ternyata unit usaha itu menghasilkan, prosentase dengan keanggotaan koperasi harus jelas.

“Jadi, ke depan mohon untuk kepengurusan yang baru ini coba untuk menata bagaimana yang seharusnya, bukan bagaimana yang biasanya. Tetapi, seharusnya itu seperti apa, ini nanti kalau sudah tertata keanggotaannya sudah bagus, jika kalau ada dokter-dokter muda yang masuk bagian dari Dharma Wanita nanti akan dapat berperan terhadap pendidikan anak, mungkin terhadap kegiatan sosial,” katanya.

Erniati berpesan kepada anggota DWP RS. Dr. SARDJITO untuk selalu menjaga kekompakan dan rasa persaudaraan menuju kabaikan DWP.

Menjadikan tugas yang diamanahkan sebagai ladang amal, yang dapat mendatangkan manfaat bagi anggota DWP dan keluarga.

Sementara itu Nila Rukmono, mantan Ketua Darma Wanita Persatuan yang baru saja digantikan, mengatakan keberadaan para ibu dalam kepengurusan Dharma Wanita Persatuan ini lebih mementingkan kepentingan kepengurusan. DWP bekerja untuk RSUP Dr. Sardjito dan dengan upaya untuk menjaga dan membangun RSUP Dr. Sardjito secara bersama-sama, membantu dalam arti kegiatan sosial.

“Saya bangga kepada ibu-ibu ini, karena banyak ragamnya. Ada istri profesor, pengusaha, jadi nanti kepengurusan yang baru nanti dapat lebih mengembangkan potensi. Kepada ibu ketua yang baru, mudah-mudahan dapat bekerja sama dan membawa Dharma Wanita Persatuan lebih baik dan maju,” kata Nila.

Menanggapi hal itu, ketua baru DWP Dharma Wanita Persatuan, Hj. Sumiati Erwin Susanto, SE berharap bisa membawa amanah untuk bisa memajukan DWP, lebih kompak, lebih mempererat, karena dengan bersinergi akan bisa menjadi yang terbaik.

“Kepada Ibu Nila Rukmono, saya mengucapkan terima kasih yang sudah membina Dharma Wanita Persatuan menjadi lebih baik dan  semoga menjadi ladang amal serta  menjadi pembelajaran bagi saya. Dan, kepada pengurus lama, pada kesempatan ini  saya mengucapkan terima kasih karena sudah memberikan sumbangsih kerja sama untuk menjadikan DWP lebih maju lagi dan tentunya ini semua dapat kita capai dengan bantuan, kerjasama  dan dukungangan  dari Ibu Pembina dan  Ibu2 pengurus semuanya pungkasnya.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.