Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    1500 705 (Contact Center)   

RSUP Dr. Sardjito – Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) Gelar Aksi Donor Darah Dalam Rangka HKN KE 57

Yogyakarta – Unit Pelayanan Tranfusi Darah (UPTD) RSUP Dr. Sardjito bekerjasama dengan Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) menggelar kegiatan Aksi Donor Darah (ADD) Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke -57. Kegiatan yang bertajuk “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesia” ini diikuti oleh dokter, karyawan, tamu undangan dan masyarakat umum. Kegiatan belangsung selama sehari 13 November 2021 di Lobi Gedung Instalasi rawat Jalan.

Aksi Donor Darah kali ini merupakan kegiatan yang terbesar yang pernah dilakukan selama pandemi. Harapanya Donor Darah kali ini ditargetkan 150 kantong darah mudah- mudahan bisa terlaksana. Kegiatan ini sangat membantu untuk pelayanan dan pemenuhan darah bagi pasien-pasien RSUP Dr. Sardjito. Darah yang akan didapatkan pada kegiatan ini akan diproses diolah dan darah yang disumbangkan dari satu orang donor sebenarnya tidak hanya untuk satu pasien tapi dapat dimanfaatkan  menjadi 3 kantong atau PRC trombosit konsentrat dan plasma yang bisa diberikan sekaligus kepada 3 pasien, demikian disampaikan Ketua UPTD Dr. dr. Teguh Triyono M.Kes., Sp.PK(K). pada kata sambutan pembukaan Donor Darah.

Dr. Teguh Triyono menambahkan, kegiatan Donor Darah kali ini merupakan kerjasama RSUP Dr. Sardjito dengan MTA dan sekaligus penandatanganan MoU kerjasama antara keduanya dalam hal penyelenggaraan kegiatan donor darah. Kita ketahu RSUP Dr. Sardjito melalui transfuse darah memiliki kewajiban untuk selalu memberikan pelayanan kepada seluruh pasien yang memang membutuhkan.

Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito dr. Eniarti, MS.c, Sp.KJ, M.M.R selaku penanggung jawab kegiatan tersebut  menyampaikan pada sambnutannya bahwa setiap tetesan darah yang diberikan untuk kemanusiaan merupakan ladang amal tidak bisa diukur secara finansial. Pada pagi hari ini kita melaksanakan kewajiban sesama manusia sebagai hamba habluminallah wa habluminannas, kegiatan ini terwujud berkat bekerjasama dengan  majelis tafsir AlQuran MTA, mudah mudahan kegiatan Allah Ridhoi dan bukan hanya hari ini dan bukan untuk donor darah tetapi juga untuk kerjasama yang lainnya.

Bapak ibu yg dirahmatai Alloh dan saudara saudara kami pendonor yang insya Alloh tetesan tetesan darah yg diberikan untuk kemanusiaan itu juga bahagian ladang amal yg kita tidak bisa mengukur dengan finansial. pada pagi hari ini kita melaksanakan kewajiban kita sebagai hamba dan kewajiban kita sesama manusia habluminallah wa habluminannas pada pagi hari ini wujudkan dengan kita bekerjasama antara RSUP DR Sardjito Yogyakarta dengan majelis tafsir AlQuran MTA yang sudah berlangsung kemarin dan mudah mudahan pertemuan ini Allah ridhoi dan bukan hanya untuk hari ini dan bukan hanya untuk donor darah tetapi juga untuk kerjasama yang lainnya .

Dr. Eniarti, menambahkan bahwa RSUP Dr. Sardjito sebagai UPT Kementerian Kesehatan adalah rumah sakit kita bersama. Rumah sakit ini hadir untuk melayani masyarakat bukan hanya untuk daerah istimewa Yogyakarta, tetapi untuk bangsa dan Negara tercinta ini.  Donor darah ini bermanfaat untuk kita yang mendonorkan dan apalagi untuk pasien-pasien kita yang membutuhkan. Harapan hidup dari pasien adalah dari para pendonor ini sangat dirasakan. RSUP Dr. Sardjito merupakan rujukan tersier jadi rujukan tertingggi dari DIY tentunya pasien-pasien yang datang kesini adalah pasien dengan kondisi berat dan kritis. Di Unit Pelayanan Transfusi Darah RSUP Dr. Sardjito setiap bulan membutuhkan 4200 kantong darah, sehingga sekitar 2100 pendonor untuk kebutuhan pasien setiap bulan. Pada pagi hari ini dilaksanakan 150 pendonor yang hadir di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Dan lagi juga dilakukan Prokes yang datangnya nanti sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, tidak ada berdesak-desakan, tidak ada antrian yang panjang dan setiap yang dating akan dilayani sesuai prosedur yang berlaku.  Kedepan semoga dapat terus bekerjasama dengan Majelis Tafsir Al Quran.  Dalam kesempata RSUP dr. Sardjito mengucapkan terima kasih kepada pendonor  yang telah mempersiapkan diri untuk  menjadi pendonor InsyaAllah nantinya Allah akan memberikan pahala dan kebahagiaan dunia akherat.

Ketua Majelis Tafsir Al Quran Drs. Ustadz Emut Khiri, MSI. Pengurus MTA perwakilan DIY dan semua warga DIY menyampaikan banyak terima kasih atas diterimanya permohonan kerjasama kami, bagi kami kesempatan ini adalah kesempatan yang mulia untuk bisa beramal sholeh. Karena menurut kami bahwa donor darah yang tadi sudah disebutkan itu adalah syariat perintah agama, dalam surat Al maidah ayat 32 disana disebutkan sebagai dasar bahwa Alloh membuat suatu ketetapan bagi bani isroil bahwa barang siapa yang mebunuh seorang jiwa bukan karena dia itu membunuh orang lain atau bukan karena dia itu berbuat kerusakan, dikatakan jamiah maka disamakan seperti dia itu membunuh seluruh manuasia, dan barang siapa yang menjaga kehidupan seorang manusia menjadikan sarana seseorang menjadi hidup artinya orang mukmin mukminat itu orang yang taat aturan mudah diatur, bahwa seorang mukmin mukminat itu mau mengatur dan mau diatur dan tidak ada kebaikan sedikitpun bagi orang harus senantiasa luwes simple dan mudah diatur, lalu ditutup sebaik baik manusia adalah manusia yg bermanfaat bagi orang lain. Maka kami diterima untuk bekerjasama dengan RSUP Dr Sardjito ini adalah sesuatu kebahagiaan tersendiri karena kami diberi kesempatan untuk beramal sholeh, maka kami betul betul meng apresiasi mengucapkan banyak terimakasih atas kesemapatan ini akan kami jadikan sebagai sarana untuk kita bisa beramal sholeh..sehingga ini bisa betul betul bernilai ibadah dan bernilai ibadah ini betul betul bisa bernilai pahala.

Kegiatan ini ADD ini dipersiapkan sepenuhnya oleh rekan-rekan dari MTA dan juga dari RSUP Dr. Sardjito, panitia HKN serta satker semua bekerja sama dan diwujudkan dalam kegiatan yang sangat bermanfaat untuk membantu sesama.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.