Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Gizi Seimbang di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi COVID-19 (coronavirus) menyebabkan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Gizi yang baik juga sangat penting sebelum, selama dan setelah infeksi. Infeksi menyebabkan tubuh korban demam, sehingga membutuhkan tambahan energi dan zat gizi. Karena itu, menjaga pola makan yang sehat sangat penting selama pandemi COVID-19. Meskipun tidak ada makanan atau suplemen makanan yang dapat mencegah infeksi COVID-19, mempertahankan pola makanan gizi seimbang yang sehat sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik. Untuk menghadapi situasi ini, diperlukan adanya panduan gizi seimbang pada masa pandemi COVID-19. Panduan ini, berisi tentang cara melindungi keluarga dari penularan virus corona, dan cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan gizi seimbang.

Pada masa pandemi COVID-19, kita harus meningkatkan system kekebalan tubuh yang merupakan kekuatan pertahanan tubuh melawan bakteri, virus dan organisme penyebab penyakit yang mungkin kita sentuh, konsumsi dan hirup setiap hari. Meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu kunci agar tidak tertular virus COVID-19.

Hal-hal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh yaitu:

Makan makanan bergizi sangat penting untuk membangun kekebalan tubuh yang kuat agar terlindung dari infeksi virus, serta memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh.

Dalam isi piring makan sehari-hari sebaiknya terdiri dari:

  1. Makanan pokok yang merupakan sumber karbohidrat, dapat berupa nasi, jagung, kentang, umbi-umbian
  2. Lauk pauk yang merupakan sumber protein, dan mineral. Lauk hewani antara lain daging, ikan, ayam, telur. Lauk nabati antara lain tahu, tempe dan kacang-kacangan.
  3. Sayuran dan buah yang merupakan sumber vitamin, mineral dan serat. Terutama sayuran dan buah yang berwarna, banyak mengandung vitamin dan berfungsi sebagai antioksidan yaitu vitamin A,C,E dan jangan lupa minum air putih sebanyak 8 gelar/hari.

Cukupi Asupan Sayur dan Buah untuk cegah tertular covid-19

Kecukupan gizi terutama vitamin dan mineral sangat diperlukan dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang optimal, sayuran dan buah-buahan merupakan sumber terbaik berbagi vitamin, mineral dan serat.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh dan membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan imunitas tubuh yang meningkat akan membantu dalam pencegahan wabah Covid-19.

  1. Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan penting untuk tubuh manusia selain buah-buahan, karbohidrat, dan protein. Sayuran adalah bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (bahan makanan nabati) yang mengandung banyak manfaat.

Macam sayuran dan manfaat berdasarkan warna, antara lain:

  1. Sayuran berwarna hijau adalah karoten yang baik untuk antioksidan. Semakin hijau warna sayur maka semakin hijau warna sayur maka semakin banyak mengandung karoten, vitamin C, asam folat dan mineral. Selain untuk meningkatkan imunitas tubuh, sayuran hijau juga mempunyai fungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, membantu produksi sel darah merah dan menguatkan sel otak. Contoh: daun singkong, sawi hijau,  bayam, buncis, kangkung, kacang panjang.
  2. Sayuran berwarna ungu juga mengandung banyak antioksidan dan vitamin. Warna ungu alami berfungsi untuk meningkatkan sistem imun, melindungi kerusakan otak, juga meningkatkan produksi sel darah merah dan sel ddarah putih. Contoh: terong ungu, kol ungu, dan lain-lain.
  3. Sayuran berwarna kuning dan oranye juga mengandung berbagai vitamin dan antioksidan. Sayuran jenis ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pada indera penglihatan. Contoh: wortel, labu kuning, jagung, dan lain-lain.
  4. Sayuran berwarna merah mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah, kesehatan jantung dan mencegah kanker. Selain itu, sayuran berwarna merah juga mengandung banyak vitamin A dan vitamin E. Contoh: bayam merah dan lobak merah.
  5. Sayuran berwarna putih merupakan sayuran yang tidak berpigmen namun tetap bermanfaat bagi tubuh. Sayuran jenis ini mengandung vitamin E, kalsium, dan zat alicin yang dapat mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Contoh: tauge, bunga kol, sawi putih dan lain-lain.
  1. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan pangan sumber berbagai vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Macam buah-buahan dan manfaatnya berdasarkan warna, antara lain:

  1. Buah berwarna merah mengandung banyak Vitamin C dan zat flavonoid. Buah berwarna merah bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan hati. Contoh: semangka, apel, tomat, strawberry, anggur merah dan lain-lain.
  2. Buah berwarna kuning dan oranye mengandung banyak vitamin A dan karoten yang bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan. Selain itu juga mengundang banyak antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Buah berwarna kuning juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat berfungsi untuk Kesehatan hati. Contoh: pisang, jeruk, papaya, manga dan lain-lain.
  3. Buah berwarna hijau selain untuk meningkatkan imunitas tubuh juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Berbagai vitamin juga terdapat dalam buah berwarna hijau. Contoh: apel malang, anggur hiaju, melon dan lain-lain.
  4. Buah berwarna ungu dan biru apabila semakin gelap warnanya, maka kandungan vitaminnya semakin banyak. Buah ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Contoh: delima, ubi ungu, blueberry dan lain-lain.

 

Kontributor :

Arief Widjanarko, S.Kep.,Ns

KFK Penyakit Dalam RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

 

Sumber :

  1. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi Covid-19
  2. Nutrition advice for adults during the COVID-19 outbreak accessed in http://www.emro.who.int/nutrition/news/nutrition-advice-for-adults-during-the-covid-19-outbreak.html
  3. Food and Nutrition Tips During Self Quarantine accessed in https://www.euro.who.int/en/health-topics/health-emergencies/coronavirus-covid-19/publications-and-technical-guidance/food-and-nutrition-tips-during-self-quarantine
Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.