Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

40 Tahun Sardjito Mengabdi dalam Integritas, Transformasi Digital dan Pengembangan Inovasi

YOGYAKARTA – Usia 40 tahun merupakan umur yang cukup matang. Begitu pula bagi RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Tahun ini, tepatnya 08 februari 2022 genap sudah RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta masuk usia 40 tahun. Acara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 40 Rumah sakit yang berada di Komplek UGM ini, diselenggarakan secara daring dan luring terbatas di Ruang Bhisma, Gedung Diklat Lantai 4 RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Selasa (8/2).

Civitas Hospitalia bersama Dewan Pengawas beserta jajaran Direksi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta menyambut antusias kehadiran para tamu undangan yang hadir. Tercatat para  tamu yang hadir mulai dari Rektor UGM, Dekan FKKMK UGM, Ketua PERSI DIY, Direktur BPJS Kesehatan DIY, serta mitra-mitra rumah sakit lainnya. Pada kesempatan ini pula, Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU berkenan menjadi Keynote Speaker dengan memberikan arahannya. Selanjutnya, turut hadir secara daring, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Prof. Dr. Abdul Kadir, Ph.D.,Sp.THT-KL(K)., MARS yang memberikan arahan tentang pentingnya menjaga Integritas, Transformasi dan Inovasi serta mitra-mitra yang tidak dapat hadir secara langsung.

Menteri Kesehatan RI Ir. Budi G Sadikin menyampaikan harapan bahwa RSUP Dr Sardjito dapat menjadi pelopor dalam pencegahan dan penanganan Covid-19, serta memiliki komitmen meningkatkan ilmu pengetahuan berbasis teknologi informasi. “Saya percaya dengan keinginan terus berkembang dan berinovasi, RSUP Dr Sardjito semakin siap menghadapi tantangan global di masa mendatang,” tegas Menkes mengakhiri pidatonya.

Pada kesempatan ini, acara dimulai dengan Laporan Ketua Panitia HUT Ke-40 oleh dr. Irwan Taufiqurrahman, Sp.OG(K)-KFM yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, dr. Eniarti, Sp.KJ.,MSc.,MMR tentang perjalanan 40 tahun RSUP Dr. Sardjito mengabdi. Mengangkat tema “Integritas, Transformasi dan Inovasi”, RSUP Dr. Sardjito bertekad memajukan layanan kesehatan yang berintegritas melalui kemudahan transformasi digital dan juga pengembangan inovasi di bidang kedokteran.

Direktur Utama dr. Eniarti menerangkan dengan cukup energik mengatakan “kami memiliki tekad untuk selalu memajukan layanan kesehatan dengan integritas yang tinggi demi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jiwa integritas akan kami tanamkan pada seluruh jajaran SDM Rumah Sakit, serta akan dijalankan secara konsistensi dalam tindakan-tindakan keseharian dalam melayani masyarakat,” paparnya. Selain itu, menurut dr. Eniarti lebih lanjut, selalu berharap bahwa dengan penanaman nilai-nilai luhur RSUP Dr Sardjito yang menjadi satu dengan Universitas Gadjah Mada akan mampu menciptakan kolaburasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dengan hasil yang maksimal dikemudian hari.

Disampaikan pula, beberapa inovasi yang telah dilakukan diantaranya adalah diciptakan dan diluncurkannya platform Klik Sardjito, pasien dapat dengan mudah mendaftar pemeriksaan secara online sekaligus memonitor hasil pemeriksaan melalui handphonenya termasuk melihat hasil pemeriksaan Laboratorium maupun penunjang lainnya. Selanjutnya, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta juga meluncurkan Integrated Radiotherapy Electronic medical record Communication System (IRECS) yang merupakan inovasi dalam transformasi digital sebagai sumber data real time untuk evaluasi terhadap pelayanan radioterapi, mendukung pengembangan disease registry radioterapi serta penilaian kinerja bagi manajemen rumah sakit. Sedangkan dari segi pelayanan pelanggan, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta menyediakan layanan Contact Center melalui nomor 1-500-705, membuka Poli Eksekutif, Radiotherapy, Jantung Terpadu, Kanker Terpadu, Stroke dan juga pengembangan Neuro Intervensi.

Pada kesempatan ini pula, Direktur utama BPJS Kesehatan, Prof. Dr. Ali Gufron Mukti, M.Sc.,Ph.D, AAK memberikan sambutan terkait transformasi digital RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta yang dikolaburasikan bersama BPJS Kesehatan. Pada kesempatan itu telah dilakukan Soft Launching Sistem Transformasi Digital RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dalam rangka peningkatan mutu layanan dan efektivitas pelaksanaan program JKN dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Transformasi Digital. Sistem Bridging antara BPJS dan RSUP Dr Sardjito ini akan mempermudah pasien BPJS mendaftarkan diri di RSUP Dr Sardjito, selain itu melalui system yang dibangun maka akan mudah pula akses klaim rumah sakit ke BPJS Kesehatan. “Semua Sistem digital ini akan memudahkan seluruh layanan kepada masyarakat,” Ungkapnya.

Dengan semangat “Integritas, Transformasi, dan Inovasi” , RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada yakin akan mampu menciptakan kolaborasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dengan hasil yang maksimal. Perhelatan Puncak Acara HUT-40 RSUP Dr Sardjito ini diharapkan akan menjadi transformasi dimasa Digital.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.