Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Tutup Berbagai Kesenjangan dalam Pelayanan Kanker

Tema peringatan Hari Kanker Sedunia atau yang dikenal dengan World Cancer Day (WCD) untuk tiga tahun ke depan sepanjang 2022-2024 adalah “Close the Care Gap”. Tema ini secara ringkas menekankan pentingnya menutup berbagai kesenjangan dalam penanganan kesehatan termasuk untuk kanker. Kesenjangan dalam penanganan kanker dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti  pendapatan,  tingkat  pendidikan  dan  pengetahuan,  lokasi  tempat  tinggal dan  kondisi  geografis,  stigma  atau  penilaian  yang  keliru  terkait  kondisi  kanker  pada seseorang, dukungan keluarga dan masyarakat. Kesemua faktor ini berpengaruh besar terhadap hasil perawatan pasien kanker.

Sepanjang tahun 2022, kata  kuncinya adalah realising  the  problem. Kita diharapkan menyadari dan terus berusaha semakin memahami faktor-faktor yang menjadi penyebab kesenjanganan untuk penanganan kanker dan menularkan pemahaman ini kepada orang lain. Hal ini bisa kita lakukan dengan membuka hati dan pikiran kita terhadap kenyataan-kenyataan yang ada di masyarakat terkait kanker. Mendengar, melihat dan merasakan dengan hati merupakan kunci awal untuk kemudian mengenali, menerima, berusaha memahami masalah yang ada dan akhirnya memperbaiki keadaan.

Pada tahun 2023, kata kuncinya adalah uniting our voices and taking action. Kita diharapkan menyatukan persepsi yang sudah kita pahami. Sepanjang tahun 2022, mulai dan terus meningkatkan kerjasama. Siapa pun kita, apa pun pekerjaan kita, dimana pun kita berada, kita harus terus bersatu untuk dapat menghasilkan kekuatan yang lebih besar. Kerjasama antara seluruh unsur layanan kesehatan dan juga dengan dan antara berbagai yayasan ataupun kelompok-kelompok peduli kanker harus terus ditingkatkan.

Tahun 2024, tahun terakhir dari tema kampanye kanker “Close the Care Gap”, mengambil kata kunci together, we challenge those in power. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai faktor-faktor penyebab kesenjangan dalam penanganan kanker serta kerjasama yang telah terbina dengan baik antara kita semua yang berpikiran dan berhasrat sama, kita harus terus berusaha menyuarakan pemahaman dan dorongan kita kepada para pemimpin dan pemangku kebijakan agar mereka mengetahui dan mendukung keinginan dan komitmen kita untuk terus memprioritaskan pelayanan kanker, menciptakan terobosan-terobosan baru untuk menutup kesenjangan-kesenjangan yang ada dan untuk menanamkan modal yang cukup untuk menuju pelayanan kanker yang lebih baik.

Secara ringkas, dalam tiga tahun kedepan ini, dimulai dengan semakin memahami akar-akar masalah kesenjangan yang ada dalam penanganan kanker, kita bercita-cita bersama untuk menutupnya! So, Let’s Close the Care Gap. Semoga Tuhan selalu memberi kekuatan kepada kita semua.

Kontributor :

Dr Mardiah Suci Hardianti PhD SpPD KHOM

Hematologi Onkologi Medik RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.