Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Hindari Cotton Bud untuk Membersihkan Telinga

Warga negara Australia hampir kehilangan nyawa akibat hal sepele yaitu memberihkan telinga dengan cotton bud. Kebiasaan yang dilakukan selama bertahun-tahun ini menyebabkan penumpukan sisa cotton bud dalam telinga menyebabkan infeksi telinga bagian dalam, yang ditandai degan kondisi telinga berdenging dan kehilangan pendengaran.

Ada berbagai gangguan pada telinga yang dapat terjadi ketika anda membersihkan telinga sembarangan. Telinga sudah dapat membersihkan dan mengeluarkan kotoran sendiri sehingga anda tidak perlu terlalu sering berusaha untuk mengeluarkan kotoran pada telinga.

Bukan Kotoran, Ini Fungsi Ear Wax pada Telinga

Ear Wax warna kuning bukan kotoran telinga. Ear wax, diproduksi dalam telinga setiap manusia, memiliki tekstur lengket seperti pasta atau krim yang berfungsi untuk menjaga kesehatan telinga, seperti mencegah bakteri maupun benda asing masuk kedalam telinga, mencegah infeksi, melembabkan saluran telinga, dan melindungi gendang telinga.

Perlukah Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud ?

Telinga otomatis membersihkan dirinya ketika kita berbicara, mengunyah atau kegiatan menggerakkan rahang. Biasanya jika sudah kotor, ear wax keluar dengan sendirinya bersama dengan gerakan rahang yang membuat otot pipi gerak.

Lalu, apakah masih perlu membersihkan telinga dengan cotton bud? Faktanya, membersihkan telinga dengan cotton bud adalah tindakan yang kurang tepat. Anda boleh menggunakan cotton bud, namun hanya untuk bagian daun telinga saja. Hindari menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga bagian dalam.

Mengorek telinga dengan cotton bud membuat kotoran semakin masuk kedalam dan menyebabkan kotoran malah mengendap pada bagian dalam telinga yang panjangnya 2,5-3 cm saja. Kotoran yang mengendap dapat menjadi keras dan menghambat sirkulasi dalam telinga. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami gangguan pendengaran.

Ear wax berfungsi menangkap bakteri atau zat asing dalam telinga dapat mendorong masuk dan justru beresiko membuat seseorang mengalami infeksi bagian telinga dalam. Rusaknya gendang telinga juga dapat dialami oleh seseorang yang sering membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton bud.

Inilah Cara Tepat untuk Bersihkan Telinga

Hindari membersihkan telinga setiap hari dan sebaiknya bersihkan telinga ketika mengalami beberapa gejala seperti telinga berdenging dan terasa sangat gatal. Tidak ada salahnya untuk meninggalkan cara lama dengan cotton bud saat membersihkan telinga bagian dalam. Anda bisa lakukan beberapa cara ini untuk menjaga kebersihan indera pendengaran kamu.

Tidak hanya cotton bud, sebaiknya hindari juga penggunaan ear candle untuk membersihkan telinga. Cara ini berisiko menyebabkan seseorang cedera pada bagian telinga. Tidak ada salahnya untuk mencoba gunakan obat tetes telinga untuk membersihkan telinga bagian dalam. Obat ini berguna untuk melunakkan kotoran yang telah mengeras agar dapat dengan mudah keluar dari telinga.

Jika cara ini tidak berhasil, sebaiknya kunjungi dokter THT untuk membersihkan telinga maupun bertanya mengenai cara pembersihan telinga yang benar untuk menghindari gangguan pada telinga. Kunjungi rumah sakit terdekat untuk memeriksa kondisi kesehatan telinga anda.

 

Kontributor :

Ruslan Pamungkas S. Kep., Ns

Kelompok Fungsional Keperawatan THT

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

 

Refrensi:

Healthline (diakses pada 2022). Tips for Cleaning Your Ears Safely

Medical News Today (diakses pada 2022). How to Remove Earwax at Home

WebMD (diakses pada 2022). How Can I Remove Earwax Effectively?

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.