Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Biasakan Membaca Label pada Makanan Kemasan

Membiasakan membaca label makanan kemasan merupakan salah satu pesan dalam Pedoman Gizi Seimbang.Label produk pangan sangat penting, dimana label yang baik akan memudahkan konsumen dalam pemilihan produk yang diperlukannya. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh The Fo od and Drug (FDA) pada tahun 2005, 60 sampai 80% konsumen di Amerika membaca produk label pangan sebelum membeli produk makanan baru. Dari persentase tersebut, 30-40% konsumen mengaku bahwa label produk pangan menjadi salah satu masukan mereka dalam membeli jenis produk pangan .Hasil kajian Badan perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), pada tahun 2007 mengungkapkan bahwa hanya 6,7% konsumen di Indonesia yang memperhatikan label pada produk pangan kemasan untuk memilih produk makanan tersebut.

Membaca label  dengan memperhatikan informasi nilai gizi dapat  membantu  konsumen  dalam  memilih  pangan  yang  aman  dan  sesuai  dengan kebutuhannya,   konsumen  dapat  membatasi  pangan  tersebut  dan memilih pangan yang sesuai dengan kebutuhannya, jika cermat mengenalinya melalui label pada kemasan pangan. Informasi zat gizi pada item makanan memungkinkan konsumen untuk makan berbagai makanan, mempertahankan berat badan yang sehat, memilih diet dengan rendah lemak jenuh, dan kolesterol, memilih diet dengan banyak sayuran, buah-buahan dan produk biji-bijian, menggunakan gula hanya dalam jumlah sedang, menggunakan garam dan natrium dalam jumlah sedang. Persen AKG merupakan panduan untuk membantu konsumen bahwa satu porsi makanan berkontribusi terhadap total diet harian .Hal ini  dapat membantu konsumen menentukan bahwa  makanan tinggi atau rendah nilai gizinya, apabila 5% atau kurang nilai gizinya   rendah, 20% atau lebih tinggi artinya nilai gizinya tinggi. Jika persen AKG menunjukkan 20% artinya kebutuhan harian sudah terpenuhi 20 %.

Perhatikan cara membaca label:

  1. Serving Size, Serving size menunjukkan  takaran dalam 1 kali penyajian atau dalam 1 porsi makan. Informasi nutrisi tersedia dalam1 kali penyajian.Serving per Container Menunjukkan berapa banyak porsi dalam 1 kemasan
  2. Jumlah Kalori, Kalori yang tercantum adalah untuk satu porsi makanan.Kalori dari lemak menunjukkan berapa banyak kalori lemak dalam satu porsi.
  3. Persen AKG, Menunjukkan  satu porsi makanan berkontribusi pada total diet harian . Gunakan untuk memilih makanan yang tinggi nutrisi jika membutuhkan energi lebih tinggi atau sebaliknya  Nilai Harian didasarkan pada diet 2.000 kalori. Namun, kebutuhan nutrisi  tergantung pada ktifitas fisik, jenis kelamin, umur.
  4. Kandungan Gizi, Makan terlalu banyak lemak total (terutama lemak jenuh dan trans lemak), kolesterol, atau natrium dapat meningkatkan risiko tertentu penyakit kronis, seperti penyakit jantung, beberapa jenis kanker, atau tekanan darah tinggi.
  5. Dapatkan cukup nutrisi berikut ini, Tingkatkan asupan serat makanan, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan kalium nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan dan membantu mengurangi risiko beberapa penyakit.

Mari mulai dengan membaca label makanan sebelum membeli makanan agar mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan.

 

Kontributor :

Sarjinem

Instalasi Gizi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

 

Daftar Pusataka

  1. Devi, Vania Chandra , Sartono, Agus, Isworo, Joko Teguh.2013. Praktek Pemilihan Makanan Kemasan Berdasarkan Tingkat Pengetahuan Tentang Label Produk Makanan Kemasan, Jenis Kelamin, dan Usia Konsumen di Pasar Swalayan ADA Setiabudi Semarang. Jurnal Gizi Universitas Muhammadiyah Semarang
  2. https://www.fda.gov/files/food/published/Using-the-Nutrition-Facts-Label–A-How-To-Guide-for-Older-Adults-PDF.pdf. Diakses 10 April 2022
  3. http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-saja-sepuluh-pedoman-gizi-seimbang. Diakses 10 April 2022
  4. Dina Widiawati1 , Ema Komalasari.2020. Gambaran Tingkat Kepatuhan Membaca Label Pangan pada Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Al Azhar Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia
Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.