Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    1500 705 (Contact Center)   

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta Resmikan Layanan Diagnostic In Vivo, Terapi Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler

YOGYAKARTA – Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Dr. dr. Sri Mulatsih, Sp.A(K), MPH., mewakili Direktur Utama telah meresmikan  layanan diasnostik IN VIVO & TERAPI KEDOKTERAN NUKLIR DAN TERANOSTIK MOLEKULER pada (13/6). Turut hadir dalam peresmian tersebut Koordinator, Bidang, Bagian dan Instalasi terkait serta seluruh staf radiologi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Dalam sambutannya, Dr. dr. Sri Mulatsih, Sp.A(K), MPH memberikan arahan bahwa dengan telah dimilikinya alat canggih tidak membuat kita menjadi jumawa, rumah sakit harus memberikan pelayanan yang lebih baik, lebih cepat, pasien tidak perlu menunggu antri yang lama dan tentunya dapat memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat, serta profesionalitas dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan merupakan kunci penting.

Kepala Instalasi Radiologi, dr. Hanif Afkari, Sp.KN.TM(K), dalam sambutannya menyampaikan bahwa RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta telah memiliki alat  Gamma Camera / SPECT CT generasi terbaru dan tercanggih (high-end) yaitu  merupakan suatu modalitas diagnostik fungsional imaging untuk mendeteksi kelainan-kelainan pada level molekuler dengan cara kerja memberikan suatu zat radiofarmaka yang disuntikkan kepada pasien, sehingga pasien mengeluarkan radiasi gamma yang akan memberikan informasi terhadap target organ sasaran.

Gamma Camera ini penggunaannya sangat luas di bidang kedokteran, seperti di bidang kardiologi untuk melakukan stratifikasi risiko CAD non invasif untuk pemeriksaan perfusi jantung, pemeriksaan fungsi ginjal maupun morfologi ginjal,  mendeteksi penyebaran kanker pada tulang dan serta sidik infeksi dengan menggunakan ethambutol scan pada kasus kasus TB yang belum jelas, masih banyak lagi pemeriksaan diagnostik yang bisa digunakan dengan alat ini.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.