Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Sayangilah Ginjal Anda Mulai Sekarang

Ada peribahasa “Tak Kenal Maka Tak Sayang“, maka kenali sejak dini dan sayangilah ginjal anda dengan menjaganya agar tetap sehat. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan ginjal dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan menjaga pola hidup yang baik dan sehat.

Seperti yang telah kita ketahui, ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang vital. Ginjal memiliki kemampuan yang luar biasa pada tubuh manusia. Salah satu di antara fungsi ginjal adalah sebagai penyaring zat-zat yang tidak terpakai atau disebut zat buangan sampah yang merupakan sisa metabolisme dari tubuh.

Setiap harinya ginjal menyaring sekitar 200 liter darah untuk menghasilkan 2 liter sampah dan air yang akan menjadi urin, yang selanjutnya akan dikeluarkan dari tubuh pada saat anda berkemih. Pola hidup yang tidak baik akan membuat fungsi ginjal menurun dan semakin lama akan mengakibatkan penyakit ginjal yang lebih lanjut.

Nah, mengingat organ ginjal di dalam tubuh manusia sangatlah penting, maka sudah seharusnya kita menjaganya supaya tetap sehat dengan menjaga pola hidup kita.

Apa saja sih kiat-kiat untuk menjaga ginjal kita supaya tetap sehat? Salah satu hal yang paling sederhana yaitu dengan minum air putih. Air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Tubuh menghasilkan berbagai sisa metabolisme yang tidak diperlukan termasuk toksin. Berbagai sisa metabolisme tersebut dikeluarkan melalui saluran kemih, saluran cerna, saluran nafas dan kulit, yang memerlukan media yaitu air. Ginjal memiliki fungsi penting dalam mempertahankan kadar zat-zat tersebut dalam darah dengan cara mengeluarkan kelebihannya melalui urin. Oleh karena itu, maka dianjurkan untuk minum air putih yang cukup dan aman. Pada orang dewasa disarankan mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau kurang lebih 8 gelas perhari. Selain itu, hindari terlalu banyak minum minuman manis.

Beberapa hal yang tidak kalah penting dalam menjaga organ ginjal agar tetap sehat diantaranya adalah menjaga makan makanan yang sehat yaitu makanan dengan rendah garam, rendah lemak dan tinggi serat. Mengontrol tekanan darah dan gula darah secara rutin, memonitor berat badan secara berkala dan mempertahankan berat badan ideal, tidak mengkonsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan oleh dokter, melakukan aktivitas fisik secara teratur, dan tidak merokok.

Ayo kenali dan sayangi ginjalmu mulai sekarang dan saat ini juga, dengan menjaga pola hidup dengan baik dan sehat agar mencegah penyakit ginjal yang lebih lanjut!

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.