Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Air merupakan komponen terpenting yang dibutuhkan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari tubuh manusia terdiri dari air. Sekitar 55- 60% dari berat tubuh manusia dewasa terdiri dari air, anak-anak sekitar 65% berat tubuhnya terdiri dari air, dan untuk bayi sekitar 80% berat tubuh terdiri dari air. (Prayitno 2012)

Memperhatikan konsumsi air putih setiap harinya mampu membuat dampak positif bagi tubuh. Menurut Teguh Susanto (2015:64), mengkonsumsi air putih bisa membersihkan racun dalam tubuh, melancarkan pencernaan, menjaga sirkulasi darah, penyeimbang suhu tubuh, dan menjaga kelembaban organ-organ tubuh sehingga berfungsi dengan optimal. Apabila konsumsi air setiap hari tercukupi maka tubuh akan terhindar dari beberapa penyakit seperti pusing, susah buang air besar, dehidarasi, dan gagal ginjal. Namun dewasa ini, masyarakat masih kurang peduli dalam mengonsumsi air putih setiap harinya terutama kalangan anak muda. Budaya anak milenial terkadang tidak mau merepotkan diri sendiri dan serba instan, sehingga kurang memperhatikan kebutuhan air putih setiap hari dalam bekerja.

Menurut hasil penelitian The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) (dalam Aditya Ramadhani, 2012:41) mengungkap bahwa masyarakat di Indonesia mengalami tingkat dehidrasi ringan yang tinggi tercatat ada 46,1% dari 1200 subyek penelitian yang terdiri dari 4 daerah di Indonesia yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan mengalami dehidrasi ringan atau hipovolemia ringan. Data dehidrasi tertinggi terjadi pada remaja (49,5%) dibandingkan dengan usia dewasa (42,5%). Faktor terjadinya dehidrasi ringan ini adalah rendahnya pengetahuan tentang fungsi dan manfaat air bagi tubuh serta sulitnya akses dalam memperoleh air minum. Menurut penelitian yang dilakukan Gustam (dalam Banun Lentini, 2014:6), dehidrasi ringan lebih banyak terjadi pada remaja (48,1%) dibandingkan dewasa (44,5%). Kalangan remaja rentan akan dehidrasi ringan dikarenakan banyaknya aktivitas yang membutuhkan banyak tenaga dan cairan. Hal ini sangat berbahaya apabila kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi secara optimal. Dari permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk membuat artikel penyuluhan “Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari”.

Manfaat dari minum air putih di pagi hari terhadap kesehatan tubuh  manusia adalah :

1. Memperlancar sistem pencernaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Sebagai detoksidasi tubuh lebih cepat

Malam hari merupakan waktu yang terbaik untuk mengelurakan racun di dalam tubuh, sementara air putih yang masuk ke dalam tubuh di pagi hari setelah bangun tidur atau dimana kondisi perut dalam kondisi kosong maka akan membantu proses pembersihan racun yang ada di dalam perut.

3. Pencegahan infeksi kantung kemih dan ginjal

Asupan air putih yang terjaga dapat mengencerkan kandungan asam yang bisa memicu penyakit batu ginjal. Peluang terkena penyakit kronis seperti infeksi kantung kemih dapat menjadi menyusut apabila kita menerapkan kebiasaan minum air putih selepas bangun tidur.

4. Membantu metabolisme tubuh

Minum air putih saat perut dalam kondisi kosong dikabarkan dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 24 persen. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang sedang menjalankan diet atau dalam proses mengembalikan kesehatan sistem pencernaan.

5. Menurunkan berat badan

Saat perut kosong dan kita mengkonsumsi air putih akan terjadi proses pelepasan racun yang optimal, maka secara tidak langsung dapat memperbaiki sistem pencernaan.

6. Menekan asam lambung

Bagi yang menderita asam lambung, minum air putih setelah bangun tidur bisa menekan asam lambung dan diencerkan sehingga asam lambung bisa dapat dicegah.

7. Menyehatkan kulit dan rambut

Mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur dapat mencegah kulit kering. Selain itu dengan minum air putih selepas bangun tidur dapat menguangi kerapuhan rambut, karena rambut yang mudah rapuh adalah ppenyebab kebotakan.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengkonsumsi air putih saat bangun tidur dapat menstabilkan sistem limfantik yang berpengaruh untuk imunitas tubuh karena daya tahan tubuh yang bagus dapat menghalang serangan penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh kita.

9. Meningkatkan kinerja mental

Manfaat minum air putih saat pagi hari selanjutnya adalah dapat meningkatkan kinerja mental. Berdasarkan penelitian air bisa berdampak pada kinerja mental serta dehidrasi ringan.  Pasalnya, jika dehidrasi akan berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, minum air putih setiap pagi bisa dijadikan solusi untuk meningkatkan kinerja mental Anda.

10. Meningkatkan mood

Siapa sangka dengan minum air putih Anda bisa meningkatkan mood. Namun, hal tersebut ternyata benar, bahwa dengan minum air putih dapat memberikan efek positif terhadap mood seseorang. Pasalnya, sebuah penelitian mengatakan bahwa saat dehidrasi akan membuat mood kurang baik begitu pula sebaliknya.

11. Merawat sendi dan tulang

Manfaat minum air putih di pagi hari lainnya adalah dapat merawat sendi dan tulang. Pasalnya, air putih mempunyai peran sebagai pelumas area sendi pada tubuh yang dapat membantu meredakan rasa sakit.

 

Saran :

1. Konsumsilah air sesuai kebutuhan.

2. Jika kuliah diruang ber-AC dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi.

3. Konsumsi air yang cukup agar bisa memperlancar pencernaan dan menghilangkan lemak.

4. Minumlah air paling sedikit delapan gelas sehari.

 

Daftar Pustaka

Sutanto, Teguh. 2015. Terapi Air Putih. Medika, Yogyakarta

Ramadhani, Aditya. 2012. Perancangan Kampanye Sosial Gerakan Minum Air Putih.

Bandung: Universitas Telkom

Lentini, Banun. 2014. Hubungan Kebiasaan Sarapan dan Status Hidrasi dengan

Konsentrasi Berfikir pada Remaja. Universitas Diponegoro: Journal of Nutrition College, Volume 3, Nomor 4

O. Prayitno, and F. F. Dieny, “PERBEDAAN KONSUMSI CAIRAN DAN STATUS

HIDRASI PADA REMAJA OBESITAS DAN NON OBESITAS,” Journal of Nutrition College, vol. 1, no. 1, pp. 144-152, Oct. 2012. https://doi.org/10.14710/jnc.v1i1.739

Prisdayanti, Sefha. 2021,” Manfaat minum air putih setelah bangun tidur”, Walisongo State

Islamic,University,https://www.researchgate.net/publication/349336473_Manfaat_Minum_Air_Putih_Setelah_Bangun_Tidur, diakses 4 Agustus 2022

Afifah, Maharani Nur. 2020, “12 Akibat Kurang Minum Air Putih yang Tak Boleh

Disepelekan”, https://health.kompas.com/read/2020/11/18/101000568/12-akibat-kurang-minum-air-putih-yang-tak-boleh-disepelekan?page=all, diakses 4 Agustus 2022

Saputra, Anjar. 2021, “Awas Sistem Imun Melemah, Ini 5 Efek Buruk Jika Tidak

Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur”, https://health.grid.id/read/352560297/awas-sistem-imun-melemah-ini-5-efek-buruk-jika-tidak-minum-air-putih-setelah-bangun-tidur?page=all, diakses 4 Agustus 2022

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.