Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Minuman Kesehatan Jahe Serai

Jahe dan serai merupakan tumbuhan herbal yang mudah dibudidaya oleh keluarga. Tidak harus ditanam di kebun tetapi bisa juga ditanam di planterbag atau polybag. Kedua tanaman tersebut sangat cocok sebagai tanaman toga yang sebaikknya dimiliki oleh kita karena kaya akan manfaat untuk kesehatan. Jahe merupakan salah satu tanaman obat yang sudah dikenal oleh masyarakat karena banyak manfaatnya. Manfaat yang banyak dari jahe tersebut dikarenakan jahe memiliki banyak kandungan bahan kimia seperti zingiberin, 6-shogaol, borneol, sineol, zingiberol, kamfena, linalool, dan sebagainya. Bagian rimpang jahe dapat dimanfaatkan untuk pegel linu dan masuk angin. Dosis penggunaan untuk pegel linu yaitu 3 x 5 gram rimpang setiap hari dan untuk masuk angin 1×10 gram rimpang per hari. Untuk pegel linu, cara pembuatannya yaitu diseduh dengan 1 cangkir air mendidih, didiamkan, disaring dan diminum sebelum makan. Sedangkan untuk masuk angin, bahan dibakar sampai harum, dimemarkan, diseduh dengan 1 cangkir air mendidih, didiamkan, dapat ditambahkan gula jawa secukupnya dan diminum selagi hangat. Penggunaan jahe ini lebih dari 6 gram saat perut kosong dapat menimbulkan tukak lambung. Efek samping yang dapat timbul dari penggunaan jahe yaitu sedikit nyeri lambung dan rasa terbakar di ulu hati.

Serai wangi merupakan salah satu jenis tanaman yang mengandung minyak atsiri. Minyak ini mengandung geraniol, sitronellal, sitronellol, geranil asetat dan sitronellal asetat. Kandungan minyak pada tanaman serai wangi ini bermanfaat untuk meredakan pegel linu dan biasanya bagian yang digunakan adalah herbalnya. Untuk meredakan pegel linu ini, serai wangi dapat dikonsumsi dengan dosis penggunaan yaitu sehari dua kali dua gram bonggol. Cara pembuatannya yaitu dengan merebus serai wangi dengan dua gelas air hingga air menjadi satu gelas. Kemudian air didinginkan, disaring, dan dikonsumsi selagi hangat. Penggunaan serai wangi sebagai pereda pegel linu ini dilaporkan memiliki efek samping berupa alergi kulit pada sebagian orang.

Minuman jehe serei sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, di bawah ini resep pembuatan minuman sehat jahe serai yaitu:

Bahan-bahan:

1. Jahe 1 ruas

2. Serai 1 batang

3. Gula pasir 1 sendok the

4. Gula jawa secukupnya atau bisa diganti gula batu secukupnya

5. Air putih 200 ml

 

Cara membuat:

1. Jahe dibakar sesaat untuk mendapatkan aroma dan rasa yang kuat

2. Didihkan air dan masukkan jahe

3. Tuang kedalam gelas yang berisi serai dan gula

4. Aduk-aduk dan diamkan selama 5 menit

5. Minuman siap dinikmati

 

Referensi 

Anonim. 2010. Budidaya Seraiwangi. Bogor : Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik

Farmakope Herbal Indonesia Edisi II, Tahun 2017

Hapsoh, dkk. 2010. Budidaya dan teknologi Pascapanen Jahe. Medan : Universitas Sumatra Utara

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia  Nomor HK.01.07/MENKES/187/2017 tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.