Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Pentingnya menjaga kesehatan mental perlu diketahui sejak dini. Seseorang dengan mental sehat akan berpengaruh pula pada kondisi fisik juga kualitas hidup. Ketika seseorang sejahtera secara psikologis, sosial maupun emosional, maka bisa dikatakan bahwa individu tersebut memiliki mental yang sehat.

Mental yang sehat juga merupakan cikal bakal bagi diri kita untuk terus berkembang. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya kesehatan mental. Ingin tau lebih lanjut mengenai kesehatan mental? Yuk simak terus penjelasan berikut.

1. Penyakit Mental Psikotik

Penyakit mental psikotik yang menyerang seseorang akan menyebabkan orang tersebut sulit membedakan realita dimana individu tersebut akan merasakan halusinasi dan delusi. Beberapa penyakit mental psikotik contohnya gangguan bipolar, depresi berat dengan gejala psikotik, gangguan waham dan juga skizofrenia.

2. Penyakit Mental Non Psikotik

Penyakit mental non psikotik dipicu oleh stress dan juga trauma. Penderita penyakit mental non psikotik akan mengalami gangguan realita dimana mereka memiliki pola pikir yang tidak seharusnya dimiliki. Contoh dari penyakit mental non psikotik ini misalnya depresi, gangguan kepribadian antisosial, gangguan kecemasan umum, serangan panik, fobia, dan juga Obsessive-Compulsive Disorder (OCD).

Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

1. Mampu menyikapi masalah dengan baik

Orang dengan kesehatan mental yang baik tentu memiliki pikiran positif sehingga mampu untuk mengatasi segala persoalan yang ada. Penting untuk memiliki pikiran yang positif karena hal tersebut merupakan landasan agar dapat melakukan aktivitas secara produktif juga mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

2. Mampu Berinteraksi dengan Baik

Manusia tidak terlepas dari kehidupan sosial. Orang dengan kondisi mental yang sehat akan mampu berinteraksi dengan optimal karena mereka bisa menjalin komunikasi dengan mudah dan juga mudah berbaur dengan lingkungannya. Selain itu dengan mental yang sehat seseorang memungkinkan untuk bisa memberikan solusi atau ide terhadap permasalahan yang sedang terjadi di lingkupnya, sehingga akan memberikan kontribusi pada circle pertemanannya.

3. Mendorong untuk Memiliki Tubuh yang Sehat

Mental yang sehat bisa dijadikan cikal bakal untuk membentuk tubuh yang sehat pula. Semua aktivitas serta kerja tubuh berada di bawah pengaruh otak atau pikiran. Orang dengan mental yang sehat tentunya memiliki pikiran yang sehat. Dengan pikiran kita termindset dalam hal positif, maka akan menimbulkan energi yang baik untuk tubuh. Energi baik tersebut yang nantinya akan menangkal semua energi negatif yang menyebabkan berbagai macam penyakit seperti stroke, diabetes, juga penyakit jantung.

4. Membantu Meningkatkan Konsentrasi

Kesehatan mental memiliki hubungan yang sejajar dengan pola pikir dan juga arah pergerakan diri. Seseorang dengan mental yang sehat akan memiliki pikiran yang lebih terfokus dan terarah sehingga memudahkan untuk mengumpulkan konsentrasi sehingga dapat melakukan aktivitas dengan maksimal.

5. Membantu Menghadapi Tantangan Keseharian

Stres maupun depresi sangat erat kaitannya dengan ketidaksehatan mental. Mental yang tidak sehat tentu akan menghambat aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Oleh karena itu, kita harus bisa mengontrol pola pikir kita agar terhindar dari bahaya mental illness.

Sejauh ini pentingnya menjaga kesehatan mental menjadi salah satu ujung tombak untuk keberhasilan diri. Setelah lelah menghadapi kerasnya dunia dengan pressure yang terlalu tinggi hendaknya kita memberikan reward kepada diri kita sendiri sebagai bentuk apresiasi. Dalam hal ini seni mencintai diri sendiri perlu dimainkan. Self reward akan menimbulkan euphoria yang bisa menghilangkan stres maupun depresi. Opini-opini mengenai diri sendiri, entah itu positif maupun negatif, hendaknya bisa dijadikan motivasi untuk terus mengembangkan potensi diri

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.