Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    1500 705 (Contact Center)   

Visitasi Tim Pengampu Jejaring Layanan Kanker dan Stroke di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Kamis, 1 September 2022 bertempat di ruang Gedung Administrasi Pusat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta berlangsung Visitasi Tim Pengampu Jejaring layanan Kanker dan Stroke di RSUP Dr. Sardjito. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan assessment secara langsung kesiapan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta sebagai salah satu RS yang ditunjuk oleh kementerian kesehatan mengampu layanan 9 stratifikasi yang merupakan bagian dari implementasi transformasi kesehatan pada layanan rujukan untuk meningkatkan akses dan mutu layanan sekunder & tersier.

Acara disambut oleh Direktur Utama, dr Eniarti, M.Sc, Sp.KJ, MMR, Direktur PMKP, Dr, dr.Sri Mulatsih, Sp.A(K), MPH. Dalam sambutannya Direktur Utama menyampaikan rasa bersyukur telah ditunjuk dan diberi kepercayaan oleh Kementerian Kesehatan untuk menjadi rumah sakit yang diampu dan mengampu dalam program stratifikasi Kementerian Kesehatan. Sebagai UPT Kementerian Kesehatan, Rumah Sakit Rujukan dan RS Pendidikan Utama dari FK-KMK, RSUP Dr Sardjito telah tergabung sebagai Academic Health System (AHS) dan Jejaring AHS di DIY dan Jawa Tengah yang melakukan pengembangan kegiatan sistem AHS sehingga metode stratifikasi ini akan makin mengerucutkan program pengampuan.

Pada tahun 2022 dilakukan proses assessment kesiapan sumberdaya yang ada sehingga dalam waktu tiga bulan ini semoga bisa didapatkan data yang objektif untuk meningkatkan status stratisikasi rumahsakit mencapai paripurna. Pada tahun 2023 diharapkan 4 layanan seperti Jantung, kanker, Stroke, Uro-Nefrologi dicanangkan untuk mendapat status paripurna, sedangkan tahun 2024 akan ditambah satu lagi pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak berstatus Paripurna papar dr Indri Astuti Utami ketua tim Visitasi dari Ditjen Yankes. Untuk mendapatkan status paripurna beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk masing-masing layanan sampai pada tahap layanan muthakir, komprehensi dan terpadu.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Pusat Kanker Nasional Rumah Sakit Kanker Dharmais dengan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dibidang kanker dan penyelenggaraan peningkatan SDM tenaga medis, keperawatan dan tenaga Kesehatan lainnya serta penelitian Kesehatan dibidang kanker. Selain itu, Kerjasama ini bertujuan untuk mensinergikan potensi dari para pihak, baik tenaga medis, keperawatan dan tenaga kesehatan lainnya serta sarana dan prasarana alat kesehatan dalam pelaksanaan pelayanan, pengembangan SDM dan penelitian bagi kepentingan masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Adapun Ruang Lingkup Kesepakatan Bersama ini meliputi : Pengampuan dan jejaring kanker, khususnya kanker payudara, ginekologi, paru dan kanker lain pada umumnya, meliputi program promotif dan preventif, deteksi dini dan skrining, diagnostik dan terapi, registrasi kanker dan surveilans, penelitian, paliatif, rehabilitasi medik dan terapi suportif; Pelayanan kesehatan, pendidikan, pelatihan, dan Penelitian dalam bidang kanker; Registrasi kanker berbasis rumah sakit dan berbasis populasi; Dukungan pemenuhan sarana, prasarana dan alat kesehatan untuk pengembangan pelayanan kanker.

Program tranformasi ini tidak bisa dijalankan sendiri, namun RS Kanker Dharmais didukung oleh banyak pihak, seperti PKR, DitjenNakes, suport dari Roche, semua mendukung rumah sakit untuk melakukan percepatan transfer of knowledge terhadap layanan kanker pada tenaga medis, pelaksanaan project ECHO (Extension for Community Healthcare Outcomes), menjadi RSUP Dr. Sardjito sebagai salah salah satu training center untuk kanker,  beasiswa Ners spesialias ke LN, program Napak Navigasi pasien kanker mulai dari diagnostik sampai tatalaksana. Melayani kanker memerlukan komplesitas tersendiri mulai dari pembedahan sampai tatalaksana radiasi papar Direktur Utama RS Kanker Dharmais, dr. R. Soeko W. Nindito, MARS.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan cinderamata dan ramah tamah antara jajaran Direksi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dengan Tim Visitasi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais.

-Hukormas-

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.