Fax:(0274) 565639    [email protected]
Emergency (0274) 583613    1500 705 (Contact Center)   

RSUP Dr Sardjito menyelenggarakan Simulasi Evakuasi Vertikal Dalam Rangka Kesiapsiagaan menghadapi Bencana

Yang diselenggarakan pada Tanggal 6-7 September 2022 di Gedung Diklat dan Gedung Parkir baru RSUP Dr Sardjito, dalam acara Gelar Workshop dan Simulasi Evakuasi Vertikal dalam Rangka Kesiapsiagaan menghadapi Bencana di Rumah Sakit bagi Regu Pemadam Kebakaran RSUP Dr Sardjito. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Umum Perencanaan dan organisasi, Khadirin, SIP.MARS, M.H. Dalam sambutannya disampaikan bahwa, RSUP Dr Sardjito merupakan rumah sakit rujukan nasional, menyelenggarakan pelayanan subspesialistik dengan luas 8,3 hektar, saat ini memiliki banyak gedung bertingkat lebih dari 5 lantai yang dipergunakan untuk pelayanan pasien, sehingga diperlukan kesiapsiagaan terhadap bencana salah satunya dengan melakukan pelatihan evakuasi vertikal dengan banyaknya gedung bertingkat tinggi tersebut. Meskipun RSUP Dr. Sardjito telah memiliki Regu Pemadam Kebakaran, namun belum semua mendapatkan pelatihan tentang cara Evakuasi korban dari gedung bertingkat apabila terjadi bencana.
Kegiatan ini diikuti oleh 50 petugas tenaga kesehatan maupun non kesehatan dari seluruh satuan kerja yang tergabung dalam Regu Pemadam Kebakaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah Meningkatkan pengetahuan dan kompetensi anggota Regu Pemadam Kebakaran RSUP Dr Sardjito dalam melakukan upaya evakuasi vertikal terhadap pasien dan penghuni rumah sakit, dengan trainer dari Tim Basarnas DIY.
Kegiatan ini merupakan salah satu manajemen risiko untuk lebih menyiapkan Tim Pemadam Kebakaran lebih siapsiaga apabila ada bencana yang tidak kita harapkan.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.