Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta Dukung Praktek Layanan Terapi Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler

YOGYAKARTA – Kembali terpilih menjadi tuan rumah Pertemuan Ilmiah Tahunan Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekular (PIT KN-TM) Ke-24, Yogyakarta sebagai kota pendidikan dan budaya dengan bangga menyelenggarakan PIT KN-TM 2022 bertemakan “Theragnostics in Daily Practice”. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari sejak Jum’at (7/10) hingga (8/10) ini menghadirkan 20 pembicara untuk 15 program pelatihan (a lecture class) dan dihadiri oleh 600 peserta yang berasal dari 50 rumah sakit berskala nasional maupun internasional. PIT KN-TM 2022 ini dibuka oleh Ketua Perhimpunan Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler Indonesia (PKNTMI), dr. Eko Purnomo, Sp.KN.,TM(K) didampingi oleh Ketua Panitia PIT KN-TM 2022, dr. Hanif Afkari, Sp.KN-TM, Sub. Sp. (K) .Onk di Kraton Ballroom, Yogyakarta Marriot Hotel.

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta sebagai Rumah Sakit Vertikal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia turut mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan yang bertujuan untuk memperkaya literasi perkembangan ilmu Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler di bidang kesehatan ini. Menghadirkan dokter spesialis dan sub spesialis yang berkompeten di bidangnya, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta berkesempatan untuk menyampaikan lecture class yang berkaitan dengan “Infection and Inflammation” dengan sub tema “Diagnostic Challenge in Tuberculosis” yang akan dipaparkan oleh dr. Nur Rahmi Ananda, Sp.PD, KP, FINASIM. dan materi “Tuberculous Spondylitis” oleh dr. Zikrina Abyanti Lanodiyu, Sp.OT. Selain itu, pada lecture class “Bone Metastatic”, dr. Susanna Hilda Hutajulu, PhD., Sp.PD-KHOM. berkesempatan memaparkan presentasi terkait “Management of Metastatic Bone Pain”.

Pada hari kedua, Sabtu (8/10), Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Dr. dr. Sri Mulatsih, MPH., Sp.A(K) akan memaparkan presentasi terkait “Neuroblastoma : Diagnostic and Therapy Challenge”. Pada kesempatan ini pula, Tim Kegawatdaruratan Medik RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta bekerjasama dengan RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung akan mempresentasikan “Gladi Posko prinsip Proteksi Radiasi dan Dekontaminasi Medik : Simulasi dan Role Play”. Dukungan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dalam kegiatan PIT KN-TM 2022 ini juga diimplementasikan dalam partisipasi pameran yang diadakan di selasar Kraton Ballroom Yogyakarta Marriot Hotel dengan mengenalkan 5 pelayanan utama di Gedung Bima Pusat Onkologi Radiasi Kedokteran Nuklir – Teranostik Molekuler meliputi pelayanan konsultasi poli spesialis, pelayanan diagnostik in vivo (gamma kamera/spect), pelayanan diagnostik in vitro (radioimmuniassay), pelayanan terapi rawat jalan dan pelayanan terapi rawat inap isolasi radioaktif (rira).

Perubahan paradigma baru dalam kedokteran yang mengedepankan personal medicine mendesak Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler untuk mengambil peran yang lebih besar. Pertemuan Ilmiah Tahunan ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan terkini dan kekuatan sumber daya manusia di bidang kedokteran nuklir dengan mengangkat teknik dan keterampilan dalam sesi lokakarya baik medis maupun non medis. RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta mendukung pelayanan Kedokteran Nuklir agar dapat menjadi pelayanan kesehatan dasar yang dapat mudah diakses oleh masyarakat dengan meningkatkan kolaborasi interprofesional serta memberikan pelayanan Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler yang komprehensif demi mencapai kualitas hidup pasien yang optimal.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.