Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Visitasi Perizinan Layanan Dialisis RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

YOGYAKARTA – Kegiatan “Visitasi Perizinan Layanan Dialisis RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta” dipimpin oleh dr. Ady Iswadi Thomas, MARS, Ketua Tim Perizinan dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan dr. Revi Oktapratiwi dari Kementerian Kesehatan pada Selasa (11/10) di Ruang Bulat, Gedung Administrasi Pusat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan secara daring dan luring ini juga dihadiri oleh Cindy, SH, MARS., Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan; dr. Iri Kuswadi, Sp.PD-KGH, FINASIM, Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) Wilayah DIY; Setyo Astuti, S.Kep.Ns., Dinas Kesehatan DIY; Sri Nuryati, SKM, MMR., Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman; dr. Purjanto Tepo Utomo, Sp.M(K), Koordinator Kelompok Substansi Pelayanan Medik, dan dr. Metalia Puspitasari, M.Sc.,Sp.PD-KGH., Kepala Sub Instalasi Hemodialisa.

Pada kesempatan ini, Koordinator Kelompok Substansi Pelayanan Medik, dr. Purjanto Tepo Utomo, Sp.M(K) mewakili Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., MMR. menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan visitasi ini.

“Kami berharap dengan adanya visitasi ini, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta akan mendapatkan masukan maupun saran dalam rangka perbaikan layanan dialisis kami sehingga RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dapat memberikan pelayanan dialisis paripurna bagi masyarakat yang memanfaatkan jasa layanan kami.”

Adapun sistem pelaksanaan visitasi dibagi menjadi 2 bagian yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi pelayanan di lapangan. Verifikasi administrasi dilakukan dengan telusur dokumen-dokumen yang terakit dengan penyelenggaraan layanan dialisis di Ruang Bulat sedangkan verifikasi pelayanan dilakukan dengan kunjungan ke Instalasi Hemodialisa untuk mengetahui alur pelayanan pasien dialisis. Kegiatan visitasi lapangan juga dilakukan di Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) untuk melihat sistem pengelolaan limbah yang ada di rumah sakit.

Selanjutnya, peserta visitasi kembali menuju Ruang Bulat untuk mendengarkan rekomendasi dari Ketua Tim Perizinan dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Ady Iswadi Thomas, MARS. Pada kesempatan ini pula, Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., MMR. memberikan respon yang positif dalam sesi klarifikasi untuk menindaklanjuti rekomendasi yang telah diberikan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Tim Visitasi yang telah memberikan rekomendasi guna perbaikan layanan dialisis di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Kami akan berupaya meningkatkan kualitas layanan dialisis secara komprehensif guna memenuhi kebutuhan pasien.”

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.