Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Inhouse Training RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta “Workshop Good Clinical Practice (GCP)”

YOGYAKARTA – RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta menggelar Inhouse Training RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta “Workshop Good Clinical Practice (GCP)” pada 18-20 November 2022 di Novotel Suites Malioboro Yogyakarta. Acara yang diikuti oleh staf internal RSUP Dr. Sardjito sebagai peserta ini dikoordinasi oleh Instalasi Penelitian, Inovasi, dan Pengembangan (IPIP) dimana merupakan salah satu program kinerja IPIP. Adapun narasumber dalam workshop ini disampaikan oleh 4 orang fasilitator yang merupakan Tim GCP WHO-TDR yaitu dr. Jarir At Thobari, Ph.D,. dr Cahya Dewi,  M.Sc, Sp.A (K) , dr. Dewiyani Indah Widyasari, PhD, SpA (K) dan Prof. dr. Madarina Julia, Ph.D, Sp.A (K) dari Komite Etik FKKMK UGM.

Workshop GCP merupakan salah satu sarana untuk menjamin kualitas dari etik dan ilmiah dalam desain, melakukan, merekam, dan melaporkan penelitian, khususnya uji klinis yang melibatkan partisipan manusia. Selain itu, keberadaan Workshop GCP ini sangat penting karena hampir semua Komisi Etik atau Institutional Review Board (IRB) mensyaratkan peneliti (Principal Investigator) memahami dan memiliki sertifikası GCP ini dalam melakukan penelitian yang bersubjek manusia.

Workshop dilaksanakan dengan metode kuliah interaktif, diskusi, latihan (exercise), rekapitulasi dari tiap sesi (review), hingga terdapat sesi post test untuk memastikan peserta memahami materi yang disampaikan. Sesi interaktif berlangsung menarik, sebelum memasuki kelas, peserta sudah diberikan materi berupa softcopy melalui email masing-masing sehingga ketika sesi kelas/klasikal, diskusi dapat berlangsung secara aktif dua arah.

Workshop ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Pusat Kedokteran Tropis, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM) yang telah ditunjuk sebagai Regional Training Center (RTC) for Health Research oleh WHO/TDR untuk wilayah Asia Tenggara sejak tahun 2010. RTC UGM bekerja sama dengan WHO/TDR dalam memperkuat kapasitas penelitian di bidang kesehatan di wilayah Asia Tenggara melalui beberapa pelatihan skill building seperti Good Clinical Laboratory Practice (GCLP); Good Clinical Practice (GCP); dan Effective Project Planning and Evaluation (EPPE). Kebutuhan akan training GCP meningkat secara signifikan sejak pertama kali diluncurkan sejak 2010. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas penelitian klinis staf internal RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dalam melakukan penelitian, terutama saat melibatkan subyek manusia.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.