Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Para Pengguna Gadget

Kemajuan teknologi tidak hanya dirasakan oleh kalangan dewasa saja tetapi juga anak-anak kecil dan remaja pada zaman ini. Zaman yang semua hal serba digital, banyak orang yang berkegiatan sehari-hari dengan menggunakan komputer atau gadget lainnya. Handphone bukanlah merupakan barang mewah lagi pada saat ini.

Saat bekerja di kantor serta kegiatan pembelajaran dewasa ini, pasti menghabiskan waktu 8-9 jam sehari di depan layar komputer/ gadget. Terkadang, waktu istirahat juga digunakan dengan bermain smartphone atau tablet.

Menatap gadget atau komputer sangat melelahkan mata. Pada dasarnya, berfokus pada objek yang sama, menatap ke satu arah secara terus-menerus dan dalam jarak sama dapat membawa efek buruk pada otot-otot mata, dan bisa merusak penglihatan.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata, terutama bagi para pengguna computer/ gadget.

1. Gunakan Dark Mode

Setelan dark mode atau mode gelap, yang bisa ditemukan di sejumlah ponsel pintar Apple dan Android dengan sistem operasi modern. Menurut Professor Chris Lohmann, setelan itu membuat mata lebih nyaman. Tapi itu bukanlah solusi bagi masalah keringnya atau lelahnya mata karena terlalu jarang berkedip.

2. Gunakan Kacamata Anti-Radiasi

Menurut American Optometric Assosiation (AOA), para pengguna komputer disarankan memakai kacamata anti-radiasi yang dibuat khusus untuk melihat layar komputer. Hal ini dikarenakan cahaya dari layar mengandung radiasi yang dapat mengganggu indra penglihatan Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah menggunakan kacamata, coba periksa kembali apakah kacamata Anda telah memiliki fitur anti-radiasi. Bagi yang tidak menggunakan kacamata untuk kegiatan sehari-hari, Anda bisa memakainya hanya ketika beraktivitas di depan komputer.

3. Mengatur/ Mengubah Posisi Tubuh

Ada beberapa faktor yang berasal dari gadget/ komputer dan posisi tubuh Anda yang dapat mengakibatkan masalah penglihatan. Mulai dari pencahayaan, letak monitor, posisi kursi, hingga durasi istirahat.

Posisi duduk

Posisi duduk harus senyaman mungkin dengan mengatur tinggi kursi agar Anda bisa menjejakkan kaki di lantai dan badan tegak.

Posisi layar komputer

Saat mengatur layar komputer sebenarnya direkomendasikan harus 15-20° di bawah mata Anda, yaitu sekitar 10-13 cm yang diukur dari tengah layar dan 50-70 cm dari mata Anda.

Mengistirahatkan Mata

Saat Anda sedang bekerja dengan komputer atau saat membaca dalam jangka waktu yang lama, beristirahatlah secara berkala dengan cara melihat ke kejauhan. Istirahtkan mata selama 15 menit setelah menatap layar komputer lebih dari dua jam tanpa istirahat. Setiap 20 menit sekali, usahakan untuk menatap ke arah selain layar selama 20 detik agar mata Anda berganti fokus.

Sering Berkedip

Tujuan sering berkedip yaitu untuk menjaga permukaan bola mata tetap lembap sehingga dianjurkan agar mata sering berkedip.

 4. Konsumsi Makanan Sehat yang Bagus untuk Kesehatan Mata

Memilih buah dan sayuran yang dapat melindungi mata termasuk dari penyakit seperti katarak dan rabun. Berikut beberapa jenis sayuran dan buah yang dapat melindungi kesehatan mata.

Wortel

Kandungan beta karoten, vitamin B6 dan C, kalsium, kalium, fosfor, dan serat yang terdapat dalam wortel akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan  mata kita.

Brokoli

Brokoli mengandung nutrisi  Zeaxanthin dan Lutein yang fungsinya adalah melindungi mata dari pancaran sinar UV.

Bayam

Bayam juga mengandung banyak Zeaxanthin dan Lutein. Di dalam  bayam juga terkandung  vitamin B6, C dan K, asam folat, zat besi, kalsium, sulfur dan klorofil, Vitamin C

Tomat

kaya akan vitamin A, C dan lycopene, ketiga jenis nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita.

Alpukat

Mengandung Lutein paling banyak dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi dari Lutein adalah untuk mencegah degenerasi mata

Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan Vitamin A, B1, B2, B6, dan C, yang mana Vitamin A dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Mangga

Vitamin A, B1, C dan E. Vitamin A yang lumayan bagus dalam buah mangga ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita.

Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung vitamin A dan vitamin C yang baik untuk Kesehatan mata.

 

5. Periksa Mata Rutin ke Dokter

Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang cukup penting untuk semua orang, terutama para pengguna gadget/ komputer sehari-harinya. Jika Anda sudah mulai merasakan gejala-gejala yang membuat penglihatan Anda terganggu, segera periksakan mata Anda ke dokter agar Anda tahu apa penyebab dan cara penanganannya.

 

Kontributor :

Devie Putri Wulandari, S.Kep.,Ns

KFK Mata RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Sumber :

  1. KEMENKES.http://p2ptm.kemkes.go.id/tag/buah-dan-sayur-pelindung-mata-ini-daftarnya/ diakses 2022
  2. KEMNAKER.https://jdih.kemnaker.go.id/data_puu/permen_5_2018.pdf diakses 2022
  3. AOA.20https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-and-vision-conditions/computer-vision-syndrome?sso=y diakses 2022
  4. WEBMD. https://www.webmd.com/eye-health/prevent-digital-eyestrain diakses 2022
Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.