Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Pencegahan dan Pengendalian Ventilator Associated Pneumonia (VAP)

Penyakit infeksius secara umum dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu infeksi yang berasal dari masyarakat (community-acquired-infections) dan infeksi terkait pelayanan kesehatan (healthcare-associated infection [HAIs] (Brooker dan Waugh, 2013). HAIs adalah infeksi pada pasien yang terjadi ketika mendapatkan perawatan di fasilitas pelayanan kesehatan, dan juga infeksi pada tenaga kesehatan serta petugas di fasilitas pelayanan kesehatan karena pekerjaannya (Kemenkes RI, 2017). Ventilator Associated Pneumonia (VAP) adalah salah satu HAIs yang sering ditemukan di rumah sakit dan merupakan infeksi pneumonia yang terjadi setelah 48 jam pemakaian ventilasi mekanik baik pipa endotracheal maupun tracheostomy (Kemenkes RI, 2017). Menurut Ban (2011) yang dikutip Susmiarti, dkk. (2015) VAP merupakan penyebab umum kedua pada kasus HAIs di Amerika Serikat dan bertanggung jawab atas 25% kasus infeksi yang terjadi di Intensive Care Unit (ICU). Penggunaan ventilator meningkatkan terjadinya HAIs sebanyak 6–21 kali dengan tingkat kematian akibat VAP adalah 24-70%. Hal ini menyebabkan rata-rata waktu perawatan di ICU meningkat.

Berbagai upaya untuk mengendalikan dan mencegah VAP telah dilakukan. Di Indonesia, pelaksanaan bundles untuk pencegahan dan pengendalian VAP tercantum dalam Permenkes RI Nomer 27, Tahun 2017 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian infeksi. Bundles mencakup membersihkan tangan setiap akan melakukan kegiatan terhadap pasien yaitu dengan menggunakan lima momen kebersihan tangan, memposisikan tempat tidur antara 30o-45o bila tidak ada kontra indikasi misalnya trauma kepala ataupun cedera tulang belakang, menjaga kebersihan mulut atau oral hygiene setiap 2-4 jam dengan menggunakan bahan dasar antiseptik clorhexidine 0,02% dan dilakukan gosok gigi setiap 12 jam untuk mencegah timbulnya flaque, manajemen sekresi oroparingeal dan tracheal, melakukan pengkajian sedasi dan ekstubasi setiap hari, memberikan profilaksis peptic ulcer disease, dan memberikan profilaksis Deep Vein Trombosis (DVT). Oleh karena itu penerapan bundle infeksi sangat mutlak harus dikerjakan dengan benar dan tepat.

Ventilator Associated Pneumonia (VAP) didefinisikan sebagai pneumonia yang terjadi 48-72 jam setelah intubasi endotrakea ditandai infiltrat progresif atau yang baru terjadi, infeksi sistemik (demam, perubahan jumlah leukosit), perubahan sputum. Gambaran foto toraks disertai dua dari tiga kriteria gejala tersebut memberikan sensitivitas 69% dan spesifisitas 75%.  VAP merupakan infeksi nosokomial paling sering pada pasien yang mendapatkan ventilasi mekanis, dan memerlukan perhatian khusus karena sulit untuk di diagnosis secara akurat, serta diperlukan biaya besar untuk pengobatannya. Kejadian VAP memperpanjang lama perawatan pasien di ICU dengan angka kematian mencapai 40-50% dari total penderita (Susanti, 2015).

Faktor faktor risiko rejadinya VAP :

1. Faktor penjamu

Albumin serum <2,2 g/dl, usia ≥ 60 th, ARDS, PPOK dan atau penyakit paru, koma atau penurunan kesadaran, luka bakar dan trauma, gagal organ, aspirasi volume lambung, Kolonisasi lambung dan pH, kolonisasi saluran napas atas.

2. Faktor Intervensi

Antagonis H2 ± antacid, obat paralitik, sedasi intravena, penilaian tekanan intracranial, ventilasi mekanis > 2 hari,  positive end- expiratory pressure, perubahan sirkuit ventilator, reintubasi, pipa nasogastik,  posisi terlentang.

Penegakan diagnosis VAP  salah satu alat ukur (Instrumen)  adalah Clinical Pulmonary Infection Score (CPIS) yang dikembangkan sejak tahun 1991. Nilai CPIS mulai dari 0 sampai 6 yang didasarkan atas pengukuran suhu tubuh, leukosit, sekret trakea, fraksi oksigenasi, foto torak dan pemeriksaan mikrobiologi. Penilaian CPIS dilakukan setelah 48 jam (2 hari perawatan) dilakukan intubasi atau pemasangan ventilator.

Meskipun belum ada penelitian mengenai jumlah kejadian VAP di Indonesia, namun berdasarkan kepustakaan luar negeri diperoleh data bahwa kejadian VAP cukup tinggi, bervariasi antara 9-28% pada pasien ventilasi mekanik dan angka kematian akibat VAP sebanyakk 24-50%. Angka kematian dapat meningkat mencapai 76% pada infeksi yang disebabkan pseudomonas atau accinobacter (Susanti, 2015).

Pencegahan VAP dibagi 2 kategori yakni strategi farmakologis yang bertujuan menurunkan kuman pathogen pada saluran cerna dan non farmakologis yang bertujuan menurunkan kejadian aspirasi.

Intervensi dengan tujuan utama mencegah aspirasi

  1. Hentikan penggunaan pipa nasogastric atau pipa endotracheal secepat mungkin
  2. Posisi penderita ½ duduk
  3. Hindari distensi lambung berlebihan
  4. Intubasi oral atau non nasal
  5. Penyaliran sub glotik
  6. Penyaliran sirkuit ventilator
  7. Hindari reintubasi dan pemindahan penderita yang tidak diperlukan
  8. Ventilasi masker noninvasive untuk mencegah intubasi trachea
  9. Hindari penggunaan sedasi jika tidak diperlukan

Intervensi dengan tujuan cegah pertumbuhan kuman pathogen saluran cerna

  1. Cegah penggunaan antibiotic yang tidak perlu
  2. Batasi profilaksis tukak lambung pada penderita risiko tinggi
  3. Gunakan sucralfate sebagai profilaksis tukak lambung
  4. Gunakan antibiotic untuk dekontaminasi saluran cerna secara selektif
  5. Dekotaminase dan jaga kebersihat mulut
  6. Gunakan antibbiotik yang sesuai pada penderita risiko tinggi
  7. Cuci tangan sebelum dan sesudah kontak dengan pasien
  8. Isolasi penderita risiko tinggi penderita dengan kasus

Angka kejadian VAP yang tinggi dapat diturunkan melalui oral hygine dengan antiseptic seperti Chlorxedine 0, 2%, pengunaan chlorhexidine 0, 2 % sebagai bilasan oral sebanyak dua kali sehari dapat menurunkan tingkat kejadian infeksi saluran napas sebesar 69% (Fitri Hapsari, 2012)

Pelaksanaan SOP VAP Bundle sebagai pedoman pencegahan dan pengendalian VAP mengacu pada Permenkes 27/2017 dengan penyesuaian dan beberapa penambahan atau inovasi. Penambahan tersebut yaitu pelaksanaan fisioterapi dada, penggunaan closed suction, penggantian ETT tiap 14 hari berdasarkan evidence based yang kuat, dan pemantauan pemakaian endotracheal type sophageal tube.

Kontributor :

Retnaningsih, Skep., Ns.

KFK Anak RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

 

Daftar Pustaka :

Ramadhan, Pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Ventilator Associated Pneumonia (VAP) di Ruang ICU

https://gustinerz.com/menilai-ventilator-  associated-pneumonia-vap-dengan-cpis/

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.