Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta Hadapi Akreditasi KARS Standar Kemenkes

YOGYAKARTA – Segenap Dewan Pengawas, Jajaran Direksi dan Civitas Hospitalia RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta mengikuti Opening Ceremony Survei Akreditasi KARS secara hybrid (daring-luring) di Ruang Bisma, Gedung Diklat Lantai IV RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Senin (30/1). Hadir secara daring, keempat surveior yang akan melakukan survei akreditasi selama 4 hari ke depan hingga Jum’at (3/2). Adapun keempat surveior tersebut adalah dr. Lina Julianty Prijatno, Sp.M., MM., PhD., FISQua yang bertindak sebagai Surveior Medis sekaligus Ketua Tim Survei, dr. Anthon WP, Sp.PK., MH.Kes., MM (Surveior Medis), Dr. dr. Purwadi, SStMk., MS., MARS (Surveior Manajemen) dan Elyana Sri Sulistyowati, S.Kep, MARS (Surveior Keperawatan).

Kegiatan survei  ini diawali dengan Sambutan oleh Direktur Utama, dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., M.M.R. terkait upaya RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta sebagai pelaksana program pembangunan kesehatan nasional senantiasa berupaya meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien dalam mewujudkan tata kelola rumah sakit dan tata kelola klinis yang baik.

“RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta melakukan peningkatan mutu dan keselamatan pasien baik secara internal maupun eksternal secara berkesinambungan. Peningkatan mutu internal dilakukan secara berkala melalui penentapan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi indikator mutu serta pelaporan insiden keselamatan pasien sedangkan upaya peningkatan mutu eksternal dilakukan melalui pemenuhan perijinan, sertifikasi dan akreditasi.”

Ketua Survei, dr. Lina Julianty Prijatno, Sp.M., MM., PhD., FISQua memberikan sambutan dilanjutkan membuka Survei Akreditasi KARS dengan menyampaikan kode etik dan jadwal survei. Kegiatan dilanjutkan dengan Presentasi Direktur tentang Profil Rumah Sakit dan Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Rumah Sakit yang kemudian dikonfirmasi oleh Tim Surveior terhadap presentasi direktur. Kegiatan dilanjutkan dengan wawancara pimpinan yang disampaikan oleh Tim Surveior kepada Jajaran Dewan Pengawas dan Direksi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta di Ruang Webinar.

Survei akreditasi pada hari pertama ini dilakukan secara daring yang dibagi menjadi 4 link breakoutroom dimana terdiri atas 2 bidang medis, keperawatan dan manajemen. Dr. dr. Purwadi, SStMk., MS., MARS selaku Surveior Manajemen melakukan telusur dokumen bersama satuan kerja terkait standar TKRS, PMKP, MFK, PKPO, KPS serta telaah file kepegawaian bersama dengan PIC Manajemen di Ruang Kuliah 345. Sementara itu, dr. Anthon WP, Sp.PK., MH.Kes., MM sebagai Surveior Medis melakukan telusur dokumen AKP, PP, PROGNAS serta telaah Rekam Medis Tertutup yang didampingi oleh perawat pendamping dan PIC Medis di Ruang Kuliah 6. Selanjutnya, dr. Lina Julianty Prijatno, Sp.M., MM., PhD., FISQua yang bertindak sebagai Surveior Medis melakukan telusur di Ruang Publikasi terkait dokumen PAP, PAB, PPK serta telaah Rekam Medis Tertutup sedangkan Surveior Keperawatan, Elyana Sri Sulistyowati, S.Kep, MARS. melakukan telusur dokumen SKP, KE, HPK, MRMIK, PPI dan telaah Rekam Medis Tertutup yang dikoordinasikan bersama PIC Keperawatan.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.