Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Visitasi Pengampuan Layanan Uronefrologi dan Penyakit Infeksi Emerging

YOGYAKARTA – Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta bersama jajaran direksi menerima Visitasi Pengampuan Layanan Uronefrologi dan Penyakit Infeksi Emerging dari Kementerian Kesehatan RI, Tim Tim Pengampu Nasional Layanan Uronefrologi dari RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan Tim Pengampu Nasional Layanan Penyakit Infeksi Emerging dari RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso di Ruang Bulat, Gedung Administrasi Pusat, Jum’at (17/2). Kegiatan visitasi yang dibuka oleh Sambutan Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., M.M.R. ini turut dihadiri oleh Tim Layanan Uronefrologi dan Penyakit Infeksi Emerging RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. dr. Eniarti dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain diberikan amanah oleh Kemenkes untuk mengampu rumah sakit-rumah sakit yang ada di wilayah DIY dan sebagian wilayah Jawa Tengah, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta juga didukung untuk meningkatkan layanan sarana dan prasarana agar bisa memenuhi standar yang ditentukan Kemenkes dengan dibantu rumah sakit pengampu, yaitu RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso.

“RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta sudah melakukan koordinasi terkait dengan layanan KJSU dan KIA baik secara daring maupun luring dengan membantu mengidentifikasi pemenuhan syarat penilaian kompetensi, manajemen kasus, serta konsultasi dalam pengembangan layanan di rumah sakit ampuan. Untuk pengampuan nefro, kita diampu oleh RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan mengampu 4 rumah sakit di DIY, 4 rumah sakit di Sulawesi Barat, dan 9 rumah sakit di Sulawesi Tengah, sedangkan untuk Penyakit Infeksi Emerging (PIE) kami diampu oleh RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso.”

Turut hadir dalam kegiatan ini, Tim Kerja Transformasi Kesehatan Rujukan Kemenkes yang dipimpin oleh dr. Indri Astuti Utami, MIPH, MHM didampingi Rizka Fauzia Nur ‘Afifa, Apt, S. Farm., dr. Andi Wicaksono dan Dizha Cristela, SE. Pada kesempatan ini, dr. Indri Astuti Utami, MIPH, MHM juga memberikan sambutan terkait kegiatan Visitasi dan Pembahasan Pengampuan Layanan Uronefrologi dan Penyakit Infeksi Emerging dimana sebelumnya telah dilakukan visitasi terkait dengan layanan kanker secara luring dan KIA secara daring di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Perwakilan Tim Pengampuan Layanan Penyakit Infeksi Emerging, dr. Temmasonge Radi pakki, Sp. P, M.M RS dari RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso menyampaikan paparan terkait Layanan PIE. Sementara itu, Dr. dr. Maruhum Bonar H. Marbun, SpPD-KGH selaku perwakilan dari Tim Pengampuan Layanan Uronefrologi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Kegiatan visitasi dilanjutkan dengan kunjungan ke satuan kerja terkait seperti ke Instalasi Rawat Inap Gathotkaca, Instalas Pengelolaan Air Limbah (IPAL), Pringgondani, Instalasi Kedokteran Forensik, Pusat Jantung Terpadu, Instalasi Hemodialisa dan lain sebagainya. Kunjungan ke lapangan tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai bahan diskusi terkait perbaikan layanan sarana prasarana agar RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta bisa memenuhi standar yang ditentukan Kemenkes untuk menjadi salah satu rumah sakit pengampu regional bagi 10 penyakit prioritas.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.