Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

RSUP Dr. Sardjito Makin Dekat Dengan Masyarakat

YOGYAKARTA – Masih dalam rangka Rangkaian Kegiatan HUT -41 RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, KSM Mata mengadakan bakti sosial skrining kesehatan mata  yang dilakukan di Halaman Panti Asuhan Al Marina Karangmojo, Gunungkidul bekerjasama dengan PERDAMI dan Lions Club Yogayakarta Manggala Mataram dalam rangka HUT -7 Lions Club Yogyakarta Manggala Maratam. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 21 Maret 2023 mulai pukul 14.00- 17.00 WIB, dihadiri oleh kepala Dinas Sosial dan Perlindungan Anak  Kabupaten Gunungkidul, Camat, Danramil Karangmojo, dan stakeholder terkait.

Bakti Sosial dengan kegiatan  Pemeriksaan Mata/skrining katarak, pemberian resep bagi yang perlu pengobatan lanjutan dan edukasi kesehatan mata dilakukan oleh KSM Mata RSUP Dr. Sardjito bekerjasama dengan PERDAMI. Tidak kurang lebih 55 peserta terdiri atas peserta anak dan dewasa, apabila  ditemukan risiko katarak yang akan ditindaklanjuti dengan rujukan ke fasilitas yang terkait. Kegiatan bakti sosial lainnya adalah melakukan pendampingan bagi anak sampai remaja yang diduga mengalami gangguan psikologis oleh Psikolog IRM RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Penyakit katarak merupakan penyakit degeneratif berupa kekeruhan di lensa bola mata sehingga menyebabkan menurunnya kemampuan penglihatan hingga kebutaan. Penyakit katarak bisa terjadi secara konginetal (sejak lahir), tetapi umumnya terjadi pada kondisi proses generasi yang berhubungan dengan penuaan, trauma dan induksi dari obat-obatan, komplikasi seperti penyakit diabetik mellitus maupun glaukoma. Sedangkan faktor resiko penderita katarak adalah pasien dengan usia di atas 40 tahun, ada riwayat keluarga, kebiasaan menggunakan tetes mata secara terus menerus, kebiasaan merokok maupun paparan dari ultraviolet.

“Begitu pentingnya mata bagi kehidupan, oleh karenanya deteksi dini penyakit mata  menjadi penting untuk masyarakat khususnya masyarakat Karangmojo dan sekitarnya”, papar prof Hardjo, spesialis Konsultan yang memberikan perhatian penuh pada bidang optalmologi komunitas. Saat ini konsentrasi RSUP Dr Sardjito, KSM Mata melakukan tindakan preventif dengan deteksi penyakit Gloukoma dan Retinopati Diabetik sehingga tidak henti-hentinya kegiatan ini dijalankan. Dengan ditemukan kasus sedini mungkin, maka penanganan akan lebih cepat dan lebih mudah sehingga kebutaan dapat dicegah, dapat hidup sehat dan produktif tanpa menggantungkan kepada orang lain karena kesehatan mata terganggu.

Semoga kegiatan dan kerjasama ini  makin meluas dan makin memberikan manfaat bagi masyarakat banyak. Sardjito makin dekat dengan masyarakat.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.