Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

In job Training Tranplantasi Ginjal di RSUP Dr. Sardjito

Yogyakarta- 14 Juni 2023 di Ruang Bulat Gedung administrasi Pusat RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Tim Medis RSPAD Gatot Subroto Jakarta, tidak kurang dari 14 dokter melakukan In Job Training
terkait layanan Transplantasi Ginjal di RSUP Dr. Sardjito selama 2 hari. Tim Dokter yang terdiri dari beberapa keahlian seperti Dokter Spesialis Anestesi, Spesialis Penyakit Dalam, Spesilais Urologi, Spesilais Radiologi dan lainnya bertujuan untuk melakukan pembelajaran kembali tentang pelaksanaan transplan Ginjal. Menurut Ketua rombongan dr, Basuki, Sp.An (K) menyatakan saat ini RSPAD sehari melayani pasien HD sehari sekitar 60 pasien dan akan ditingkatkan menjadi 100 pasien. Akan terbuka pilihan layanan transplantasi ginjal yang akan dikembangkan sehingga pasien-pasien yang mampu tidak lagi keluar negeri seperti harapan pemerintah sat ini. Harapan lebih lanjut pemerataan layanan kesehatan harus terus dibangun dan dikembangkan dan diperkuat arsitek kesehatan.
Kaji banding kali ini disambut oleh Direktur SDM Pendidikan dan Penelitian, drg. Nusati Ikawahju, M.Kes. “saat ini dengan makin berkembangnya IPTEKDOK dan kemajuan ilmu trasplan yang makin baik, harapannya rumah sakit kelas A bisa melakukan kegiatan tranpslan, semoga akan terjadi Kaji Banding ini bisa diterapkan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Sehingga layanan Transplantasi ginjal di Indnesia makin berkembang dan makin merata untuk dapat melayanai masyarakat sebaik-baiknya” Papar drg. Nusati.
Perkembangan transplantasi ginjal di RSUP Dr Sardjito dimulai tahu1991 . sampai saat ini Juni 2023 jumlah pasien yang dilakukan transplantasi Ginjal mencapai 107 pasien. Berbagai perkembangan dalam proses transplantasi mulai dari pelaksanaan plasmapheresis, pemberian IVIG, tehnik laparaskopi pada donor. Sedangkan pelaksanaan Transplantasi Ginjal di RSUP Dr. Sardjito saat ini dilakukan setiap satu minggu sekali tergantung kesiapan dan ketersediaan pasien. Adapun Transplantasi ginjal dilakukan oleh Tim Dokter yang terdiri dari berbagai keahlian seperti Dokter Spesialis Urologi, Nefrologi, Anestesi, Patologi Klinik, Radiologi, Kebidanan, Jantung, penyakit Dalam,Jiwa, tim Perfusi dan tim Advokasi.
Semoga bermanfaat.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.