Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Raih Kemenangan Idul Adha dengan Kebahagiaan dan Peduli Antar Sesama Civitas Hospilatia RSUP Dr. Sardijito Yogyakarta

Raih Kemenangan Idul Adha dengan Kebahagiaan dan Peduli Antar Sesama Civitas Hospilatia RSUP Dr. Sardijito Yogyakarta

 

Yogyakarta- Masih dalam peringatan hari raya Idul Sdha atau Idul Qurban, pada Sabtu tanggal 1 Juli 2023, bertempat di dusun Segoroyoso Pleret Bantul, Panitia Idul Adha 2023 RSUP dr Sardjito menyelenggarakan penyembelihan Hewan Kurban. 11 Sapi dan 13 Kambing yang berasal dari para shohibul RSUP Dr Sardjito yang terdiri dari para direksi, para dokter, staf RSUP Dr Sardjito juga dari para Mitra dan Tenan yang berkesempatan menjadi shohibul di Idul Kurban Tahun ini.

Makna Idul Adha yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah. Dan bagi yang menunaikan ibadah haji, pada waktu wukuf di Arafah memberi gambaran bahwa kelak manusia akan dikumpulkan dipadang mahsyar untuk dimintai pertanggung jawaban.

Bahwa sesungguhnya derajat manusia dimuka bumi ini sama di mata Allah SWT, hanya amal dan perbuatan kita yang kelak akan membedakannya.

Makna lain dari Idul Kurban adalah, Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Adapun daging kurban  pada penyembelihan tahun ini oleh Panitia Idul Adha 2023, diberikan pada Civitas RSUP dr. Sardjito dengan kriteria pegawai kontrak Non PNS/No BLU, disedekahkan ke masyarakat Sendowo berupa 1 kambing, disalurkan ke pondok pesantren sehingga amanah berkurban, hikmah berkurban sesuai dengan ajaran agama Islam.

Semoga Allah SWT Menerima kurban para shohibul, kepedulian, berbagi digantikan dengan rezeki yang mengalir, menjadikan ladang amal bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Kurban tahun ini.

 

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.