Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Dukung Integrasi Layanan Kesehatan Tradisional, Pejabat Eselon I dan Eselon II Kunjungi Perkebunan Aromatik Tlogo Dlingo

TAWANGMANGU – Sejumlah Pejabat Eselon I dan Eselon II Kementerian Kesehatan mengunjungi Perkebunan Tlogo Dlingo Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Pelayanan Kesehatan Tradisional RSUP Dr Sardjito di Tawangmangu, Sabtu (22/7). Kunjungan tersebut merupakan rangkaian acara Rapat Pimpinan dan Rapat Konsolidasi Eselon I dan Eselon II Kementerian Kesehatan yang diselenggarakan sejak tanggal 20 Juli 2022 hingga 23 Juli 2023.

Dalam sambutannya, Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dr. Eniarti, M.Sc, Sp.KJ, MMR. menyampaikan bahwa RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta mempunyai adik kandung yaitu B2P2TOOT Tawangmangu yang per tanggal 30 Juni 2023 resmi menjadi UPF Pelayanan Kesehatan Tradisional RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Hal ini menjadi tantangan bagi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta untuk mengembangkan Unit Pelaksana Fungsional Pelayanan Kesehatan Tradisional Tawangmangu agar dapat menjadi Revenue Center dan pelayanan unggulan di Indonesia.

“Saat ini kita berada di kebun aromatik Tlogodringo, salah satu fasilitas UPF Pelayanan Kesehatan Tradisional yang sedang kami persiapkan untuk menjadi destinasi wisata kebugaran dan berharap ini menjadi unggulan dari Kementerian Kesehatan. Sesuai dengan namanya kebun ini merupakan kebun koleksi dan budidaya tanaman-tanaman aromatik. Kalau kita lihat tentunya sangat besar peluang untuk UPF ini menjadi sebuah pilot project pengembangan yankestrad dan juga pelatihan dan pendidikan yang merupakan pilar kekuatan kesehatan Indonesia”, papar Dirut Eniarti

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Azhar Jaya, SKM, MARS, yang memberikan arahan bahwa B2P2TOOT ini diintegrasikan oleh Kementerian Kesehatan menjadi suatu Unit di bawah RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta sehingga akan ada perubahan-perubahan terutama kemandirian pengelolaan pemasukan dan pengeluaran.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, SE, MA, Ph.D, juga menyampaikan bahwa dengan adanya seluruh tanaman obat Indonesia di kebun aromatik ini  bisa menjadi potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.

Pada kesempatan ini pula, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan dan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan meresmikan Café Rosmarin dengan berbagai sajian tradisional sebagai produk unggulannya. Kunjungan dilanjutkan dengan Garden Tour serta paparan singkat terkait Pengembangan Unit Pelaksana Fungsional Pelayanan Kesehatan Tradisional RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta yang dilaksanakan di Aula Romo Santoso.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.