Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Mengenal Kegemukan dan Jamu sebagai Alternatif Solusinya

Kegemukan adalah kondisi penumpukan lemak berlebihan atau tidak normal di dalam tubuh manusia yang dapat mengganggu kesehatan. Ada 2 kategori kegemukan yaitu overweight dan obesitas. Diagnosis overweight dan obesitas ditetapkan dengan mengukur indeks massa tubuh (IMT). Apabila hasil pengukuran IMT antara 25-<30 maka seseorang dinyatakan menderita overweight dan IM T > 30  dinyatakan menderita obesitas. Rumus pengukuran IMT=BB(kg)/TB2(M)

Kegemukan telah berkembang menjadi epidemi global dengan jumlah penderita meningkat pesat baik di negara maju maupun berkembang. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) jumlah penderita obesitas di dunia saat ini meningkat hampir 3 kali lipat dibanding tahun 1975, dengan estimasi 1,9 miliar orang dewasa menderita overweight dan 650 juta menderita obesitas. Di Indonesia, data Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi penderita obesitas pada penduduk  usia > 18 tahun  sebesar 21,8% meningkat dari tahun 2013 yang hanya sebesar 15,4%.

Mengapa penderita overweight dan obesitas terus bertambah? Hal ini tak terlepas dari kemajuan teknologi dan pola hidup yang tidak sehat. Manusia modern cenderung memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan olahan tinggi karbohidrat dan lemak. Di sisi lain mereka menjadi kurang aktif bergerak karena kemudahan bidang transportasi dan pekerjaan dengan beroperasinya berbagai macam mesin. Faktor genetis juga berperan dalam meningkatkan kecenderungan untuk menjadi gemuk.

Kegemukan merupakan faktor resiko penyebab berbagai macam penyakit kronik, seperti : diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskuler, hipertensi, osteoartritis (radang sendi) dan beberapa jenis kanker. Dari sisi psikologis, kegemukan dapat membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan program yang dicanangkan oleh pemerintah sejak November tahun 2016.  Tujuan gerakan ini adalah terlibatnya keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat untuk membentuk kepribadian individu yang gemar menerapkan hidup sehat sehingga dapat menurunkan angka kejadian penyakit tidak menular (PTM) dan terwujudnya Indonesia sehat. GERMAS meliputi 7 kegiatan, yaitu : melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. Kegemukan dapat dikurangi bahkan dicegah dengan langkah-langkah sederhana yang sesuai dengan GERMAS, yaitu :

  1. Mengurangi asupan lemak dan karbohidrat,
  2. Memperbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bjian utuh dan kacang.
  3. Rutin melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit yang terbagi dalam 1 minggu (30 menit per hari, 5 hari dalam 1 minggu).

Bagi yang telah melakukan langkah-langkah di atas namun masih mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan, dapat mencoba ramuan jamu. Beberapa tanaman obat penyusun Jamu penurun berat badan, antara lain :

Jati Belanda (Guazuma ulmifolia )

Air rebusan daun jati belanda mengandung senyawa alkaloid, saponin dan tanin. Daun jati belanda memiliki aktivitas menghambat enzim lipase pankreas sehingga penyerapan trigliserid dalam usus terganggu. Daun jati belanja juga mengandung musilago yang dapat mengembang dalam lambung sehingga menekan nafsu makan.

Daun Kemuning (Murraya paniculata)

Seperti halnya daun jati belanda, daun kemuning juga memiliki aktivitas menghambat enzim lipase pankreas. Air rebusan daun kemuning mengandung flavonoid, triterpenoid dan tanin. Senyawa aktif dalam daun kemuning dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga meningkatkan pembakaran timbunan lemak dalam tubuh.

Daun Tempuyung (Sonchus arvensis)

Daun tempuyung memiliki kandungan senyawa tanin yang dapat menghambat penyerapan makanan dan dapat mengatasi masalah kegemukan. Tempuyung juga  mengandung   oe-laktuserol,  p-laktuserol,   manitol,  inositol, silica, kalium, flavonoid dan taraksasterol. Air rebusan daun tempuyung memiliki efek diuretik yang membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi retensi air pada penderita obesitas.

Bangle (Zingiber cassumunar)

Rimpang bangle berdasarkan hasil penelitian memiliki daya hambat kuat terhadap enzim lipase pankreas. Air rebusan rimpang bangle mengandung flavonoid dan saponin.

Tanaman-tanaman di atas harus diminum dengan dosis dan jangka waktu tertentu. Berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker Rumah Riset Jamu (RRJ) Hortus Medicus untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Narasumber:

  1. Zuraida Zulkarnain, MKM

UPF Pelayanan Kesehatan Tradisional Tawangmangu

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.