Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

PENINGKATAN KAPASITAS PENANGANAN KEGAWATDARURATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) 1ST SARDJITO HOSPITAL ANNUAL EMERGENCY CONFERENCE 2023

Yogyakarta, 19 September 2023, bertempat di Omah Djawi Sejahtera telah dilaksanakan Acara Peningkatan Penanganan Kegawatdaruratan Corporate Social Responsibility (CSR), 1st Sardjito Hospital Annual Emergency Conference 2023. Acara ini diselenggarakan dilatarbelakangi karena masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan maupun kejadian-kejadian yang tergolong sebagai kejadian kegawatdaruratan medis.

Pada umumnya, masyarakat sekitar hanya mengstabilisasi, evakuasi, dan mobilisasi korban seadanya tanpa mengetahui cara mengstabilisasi, evakuasi, dan mobilisasi yang baik dan benar. Hal tersebut tentu membahayakan karena tanpa pengetahuan yang cukup mengenai pertolongan pertama, si penolong dapat memperparah keadaan si korban. Disinilah pentingnya pengetahuan mengenai pertolongan pertama bagi masyarakat. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian acara “1st Sardjito Hospital Annual Emergency Conference (SHARE) 2023“ yang harapannya menjadi sarana silaturahmi, promosi rumah sakit, dan melatih masyarakat dalam menangani kegawatan sehari-hari.

Kegiatan ini meliputi pelatihan terkait Bantuan Hidup Dasar (BHD), First Aid, dan evakuasi pada korban. Kegiatan ini merupakan kegiatan Angkatan kedua dengan sasaran peserta adalah pemandu wisata dari Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi, dimana sebelumnya telah dilaksanakan untuk Angkatan pertama yang melibatkan driver dari driver ambulan swasta/LSM/non-RS.

Dalam sambutannya Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dr. Eniarti, M.Sc, Sp.KJ, M.M.R, menyampaikan saat ini kita hadir bersama Tim dari Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi, tentunya harapan kita hadir disini bersama-sama untuk belajar tentang penanganan kegawatdaruratan. Teman-teman semua merupakan pemandu wisata yang luar biasa yang bekerja sama dengan PERKEDWI yang tentunya dalam setiap langkah yang kita lakukan perlu adanya mitigasi risiko dari kejadian-kejadian yang tidak kita harapkan.

Penanganan kegawatdaruratan yang pertama adalah di lokasi kejadian yang belum tentu ada tenaga Kesehatan yang mampu laksana menangani tindakan pertolongan kegawatdarutan. Pada acara hari ini teman-teman dari KSM Anestesi membagikan ilmu tentang kegawatdaruratan. Manfaat ini tentunya tidak hanya dirasakan oleh orang lain tetapi juga untuk diri sendiri, keluarga, dan juga dikalangan masyarakat.

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dititipkan Amanah lahan seluas 13 Hektar di Tawangmangu alamnya indah, kontur tanahnya luar biasa, pusat tanaman obat nasional, selain itu terdapat hotel, dan café. Kami berharap dari teman-teman asosiasi bisa berkunjung kesana. Menutup sambutannya dokter Eni berharap agar kegiatan ini dapat menambah ilmu bagi para peserta dan setiap kegiatan yang kita lakukan diniatkan untuk kebaikan bersama dan bisa menjadi ladang amal bagi kita semua.(lucky-hukmas)

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.