Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

BPJS luncurkan inovasi baru pelayanan kesehatan berbasis digital POROS di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Yogyakarta,  29 September 2023, bertempat di Ruang Bisma Gedung administrasi Pusat, dilakukan prosesi  Launching Loket Pelayanan Informasi Bpjs Kesehatan Dan Portal Qr BPJS Kesehatan yang dihadiri oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan – Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D, AAK  dan segenap Undangan mulai dari Sekda DIY, Dirjampelkes BPJS Kesehatan, Ketua Umum PERSI PUSAT,  Pimpinan OMBUDSMAN,  Pusat Ketua PERSI DIY,  Pimpinan Ombudsman Perwakilan DIY,  dan stakeholder terkait serta Media. Kegiatan ini juga diikuti secara live oleh seluruh kantor cabang BPJS di IndonesiaPeluncuran serentak portal POROS dan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan tersebut berlangsung di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Jumat (29/9/2023).

Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof dr Ali Ghufron Mukti MSc PhD, dalam sambutannya mengatakan kedua inovasi itu dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Menurut Ghufron Mukti, kedua inovasi tersebut juga merupakan salah satu upaya transformasi mutu pelayanan kepada masyarakat.

Dia menjelaskan, bahwa melalui Loket Pelayanan Informasi Pelayanan BPJS Kesehatan itu petugas rumah sakit yang ditunjuk akan melayani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan.

Petugas yang ditunjuk tersebut akan mencatat pengaduan di aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP).

Ghufron Mukti mengatakan, petugas tersebut juga bisa bekerja sama dengan Petugas BPJS SATU! atau BPJS Siap Membantu, baik dalam pelayanan on site maupun mobile.

Dia menjelaskan, bahwa jam operasional loket akan menyesuaikan rumah sakit, dan ditempatkan di are strategis yang mudah dilihat dan diakses peserta, serta diberi papan petunjuk.

Sementara itu, portal POROS atau Portal Quick Response akan memudahkan peserta mengakses aplikasi pendukung yang disedikan oleh BPJS Kesehatan, untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan.

Ghufron Mukti menjelaskan lagi, bahwa portal POROS terdiri dari aplikasi KESSAN, SIPP, ANTREAN, dan Web Skrining yang bisa dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.

Dengan adanya inovasi baru Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan POROS, Ghufron Mukti berharap ada peningkatan signifikan terhadap mutu pelayanan dan kepuasan peserta.

Sementara itu, Dirut RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dr Eniarti, M.Sc Sp.KJ, MMR, menyambut positif launching inovasi pelayanan BPJS Kesehatan tersebut.

Dia mengatakan, bahwa simplifikasi layanan melalui digitalisasi POROS di Fasilitas Kesehatan akan memberikan kemudahan satu akses QR ke beberapa fitur yang tersedia bagi peserta BPJS Kesehatan.

“Sehingga dengan berbagai aplikasi yang disodorkan ini, kami tetap berpegang teguh agar konsep kolaborasi yang sudah terjalin dengan baik akan mampu memberikan nilai tambah serta nilai lebih bagi masyarakat,” kata dr Eniarti.

Dirut Eniarti pun berharap, ke depan portal POROS tersebut juga bisa diharmonisasikan dalam satu aplikasi Indonesia Sehat, karena Kementerian Kesehatan telah mencanangkan hal serupa.

“RSUP Dr Sardjito kedepannya akan selalu berupaya dengan memberikan kontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada peserta BPJS Kesehatan. Upaya perbaikan berkelanjutan terus kami lakukan melalui standardisasi layanan maupun dukungan sistem informasi untuk meningkatkan kualitas layanan” tutur dr Eniarti dalam sambutannya.

Semoga  kegiatan launching kali ini seluruh keluarga besar RSUP Dr Sardjito dan BPJS Kesehatan semangat dalam melaksanakan transformasi mutu layanan di fasilitas kesehatan dan bahu membahu berkolaborasi dalam memberikan pelayanan kepada peserta.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.