Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Peringatan Hari Jantung Sedunia, Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu RSUP Dr Sardjito Siap Rawat Pasien dengan Penyakit Jantung

Yogyakarta, 28 September 2023 – Bertempat di Wisdom Park UGM, RSUP Dr. Sardjito dukung Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Cabang Yogyakarta dalam peringatan Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day tahun 2023. Hari Jantung Sedunia diprakarsai oleh World Heart Federation bekerja sama dengan World Health Organization diperingati setiap tanggal 29 September dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit jantung. Lebih dari 90 negara telah ikut berpartisipasi dalam perayaan ini. Keterlibatan pemerintah dan organisasi terkait dalam acara ini juga akan memberikan dampak yang besar dalam pencegahan dan pengendalian penyakit jantung.
“Dalam upaya meningkatkan kesehatan, preventif akan lebih baik dari kuratif. Mari kita jaga jantung kita agar senantiasa sehat dan lebih sehat lagi”. Ujar Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., MMR dalam sambutannya.
Ketua PERKI cabang Yogyakarta, dr. Real Kusumanjaya Marsam, Sp.JP(K), juga menyampaikan “Penyakit jantung menyebabkan 20,5 juta kematian setiap tahunnya dan saat ini menduduki peringkat pertama penyebab kematian di Indonesia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan jantung.”
Peringatan Hari Jantung Sedunia di Yogyakarta dilaksanakan atas kerja sama lintas sektor yakni PERKI Cabang Yogyakarta, RSUP Dr. Sardjito, Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FK-KMK UGM, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, serta Yayasan Jantung Indonesia, merupakan bagian dari Peringatan Hari Jantung Sedunia yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia oleh 42 cabang PERKI. Dalam peringatan tersebut dilakukan pecah rekor MURI yakni pemeriksaan MENARI (Meraba Nadi Sendiri) dengan keseluruhan peserta mencapai 5.897 peserta yang dilakukan secara live dengan peserta di seluruh Indonesia. Selain itu dilaksanakan juga Fun walk, pemeriksaan kesehatan, edukasi dan praktik Bantuan Hidup Dasar untuk menolong korban henti jantung di luar rumah sakit.
RSUP Dr Sardjito Yogyakarta sebagai salah satu rumah sakit rujukan jantung nasional, siap memberikan perawatan jantung yang lengkap, mulai dari layanan diagnostik sampai dengan terapi definitif untuk penyakit jantung yang sederhana maupun kompleks. Pelayanan jantung dilaksanakan di Pusat Jantung Terpadu, yang memungkinkan pelayanan dilakukan di satu area yang terintegrasi. Berbagai pelayanan seperti pelayanan rawat jalan, pelayanan diagnostik meliputi holter, treadmill test, ekokardiografi transtoraks maupun transesofagus serta layanan diagnostik invasif dan intervensi non bedah dalam laboratorium kateterisasi. Operasi bedah jantung juga dapat dilakukan secara terintegrasi di Gedung Pusat Jantung Terpadu.
Pelayanan jantung dilengkapi dengan modalitas diagnostik dan intervensi dengan peralatan canggih yang lengkap dan didukung oleh SDM yang handal di bidangnya, sebagai modal untuk memberikan pelayanan kesehatan jantung yang paripurna.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.