Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Current Update in Pediatric Liver Trasnplantation

Dalam rangkaian kegiatan HKN ke- 59, pada hari Kamis, 2 November 2023 mulai pukul 13.00-16.00 WIB diselenggarakan kegiatan Webinar dengan topik “Current Updates in Pediatric Liver Transplantation” di gedung Diklat RSUP dr.Sardjito Yogyakarta. Dengan menghadirkan empat pembicara dari Kanazawa Medical University, Kyoto University Hospital, Jepang yaitu Profesor Hideaki Okajima, MD, PhD; Dr. Eri Ogawa, Dr. Shinya Okumura, Dr. Shinya Okumura dan dua pembicara spesialis nasional yaitu Dr. dr. Adeodatus Yuda Handaya, Sp.B-KBD dan Prof, dr. Gunadi, P.hD, Sp.BA(K).
Acara diawali dengan sambutan Direktur Utama RSUP dr Sardjito, dr Eniarti,M.Sc.Sp.KJ,MMR yang sangat memberikan apresiasi atas Kerjasama yang sudah sangat baik terajalin dengan KUH dan adanya alih IPTEKDOK untuk program transplantasi hati di RSUP dr Sardjito. Sambutan selanjutnya oleh dr. Azhar Jaya, S.H., SKM, MARS selaku Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan yang sekaligus membuka acara webinar tersebut. Dalam sambutannnya, beliau mengatakan bahwa RSUP dr Sardjito merupakan rumah sakit yang ditunjuk sebagai leader dan sebagai pilot project dalam tranplan hati pada anak. Apresiasi kepada RSUP Dr.Sardjito yang telah menyelenggarakan program transplan hati pada anak berkolaborasi dengan Kyoto University Hospital dan kegiatan webinar ini dapat menjadi sarana alih Iptekdok untuk meningkatkan kualitas hidup pada anak dengan kelainan hati yang kronik.
Kegiatan webinar difokuskan pada bidang Transplan Hati, dimana RSUP dr Sardjito sampai saat ini telah bekerjasama dengan Kyoto University Hospital sejak tahun 2015. Banyak hal yang sudah dilakukan mulai dari mengirimkan tim untuk pelatihan langsung ke Kyoto, pendampingan operasi sejak transplan hati yang pertama sampai saat ini yang ke 6. Sebagai Rumah Sakit Tipe A rujukan Nasional yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna RSUP Dr. Sardjito terus mengembangkan kemampuan diberbagai bidang termasuk alih teknologi, pengetahuan, dan ketrampilan transplan hati pada anak.
“Dalam upaya mencapai keunggulan layanan dan berinovasi sesuai Agenda Transformasi Kesehatan dan untuk mewujudkan target Peningkatan Layanan Rujukan maka diperlukan kerjasama internasional dan alih IPTEKDOK demi meningkatkan standar layanan kami” tutur, dr. Eniarti dalam sambutannya pada acara webinar internasional di RSUP Dr Sardjito. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa kedatangan ahli bedah anak dari Kyoto University Hospital untuk melakukan transplantasi hati pada 2 pasien anak akan memberikan manfaat bagi pasien. Selain itu, juga meningkatkan kemampuan tim RSUP Dr Sardjito dalam memberikan pelayanan medis unggulan dan paripurna dalam hal transplantasi hati pada anak di Indonesia. Sebagai bagian dari kolaborasi ini, webinar ini akan membahas inovasi, teknik, dan penelitian terbaru dalam transplantasi hati pada anak.
[20.50, 3/11/2023] Rahayu Widayanti: Dalam webinar tersebut para pakar memberikan materi secara komprehensif dimulai dari bagaimana menyiapkan donor dan resepien. Sedangkan proses transplantasi hati  secara umum disampaikan oleh Prof Okajima, strategi melakukan graft/menanam organ hati  pada resipien disampaikan oleh dr Eri Ogawa, melakukan seleksi donor oleh dr Okumura,  bagaimana melakukan proses pemisahan hati pada donor oleh dr Yudha Handaya, Sp.B.KBD, mengenali komplikasi dan  bagaimana perawatannya serta syndrome allagile disampaikan oleh dr Uebayashi dan prof Gunadi.
Seperti kita ketahui bahwa untuk transplantasi hati saat ini merupakan harapan baru bagi anak anak dengan kerusakan hati secara permanen yang disebabkan oleh banyak hal seperti keganasan, penyakit outoimune, keracunan obat-obatan, infeksi virus hati, kelainan bawaan(atresia bilier dan alagille syndrome). Dengan alih Iptekdok di RSUP Dr Sardjito, diharapkan pasien dapat ditangani dan mempunyai peluang mendapatkan kualitas hidup yang baik, tanpa harus dikirim ke luar negeri.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.