Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

Kemenkes RI luncurkan Temulawak Tanaman Obat Indonesia Unggulan

JAKARTA – Kementerian Kesehatan RI meluncurkan Temulawak sebagai tanaman obat Indonesia unggulan, yang diharapkan bisa mendunia seperti halnya ginseng dari Korea.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meluncurkan Temulawak sebagai tanaman obat Indonesia unggulan bersamaan dengan pembukaan Pameran Farmasi dan Alat Kesehatan HKN ke-59 di JCC Senayan Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Menkes Budi Sadikin mengatakan, Temulawak mengandung curcurmin yang bisa mencegah kanker hati, kaya antioksidan, dan berbagai kandungan lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Menkes Budi mengatakan pula, bahwa setiap negara punya tanaman obat unggulan, misalnya Korea dengan ginseng.

Menurut Menkes Budi, ginseng menjadi oleh-oleh yang diberikan kepada para tamu negara di Korea.

Hal tersebut, menurutnya merupakan salah satu upaya promosi yang luar biasa.

Karena itu, Menkes Budi berharap Temulawak juga bisa mendunia seperti halnya ginseng di Korea.

Lebih jauh Menkes Budi mengatakan, peluncuran Temulawak sebagai tanaman obat Indonesia unggulan merupakan salah satu upaya mewujudkan pilar ketiga transformasi kesehatan, khususnya ketahanan farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

Dalam rangka kemandirian kesehatan itu, pihaknya mendorong pemanfaatan obat-obatan tradisional asli Indonesia.

Dan, untuk itu pada acara Pameran Farmasi dan Alat Kesehatan di JCC Senayan Jakarta juga dilakukan peluncuran Perpres Pengembangan dan Pemanfaatan Jamu.

Menkes Budi berharap, dengan peluncuran Temulawak dan Perpres Pengembangan dan Pemanfaatan Jamu akan mendorong kepercayaan diri masyarakat untuk mengkonsumsi jamu tradisional.

Dalam kesempatan tersebut, Menkes Budi juga meminta kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk turut mempromosikan jamu tradisional.

Pameran Farmasi dan Alat Kesehatan di JCC Senayan Jakarta Pusat diadakan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023.

Mengangkat tema ‘Melesat Maju Menuju Resiliensi Kesehatan’, pameran akan berlangsung hingga Sabtu (11/11) mendatang.

Pameran Farmasi dan Alat Kesehatan dalam rangka HKN ke-59 dimeriahkan dengan berbagai acara musik dan pemerikasaan kesehatan gratis, serta talkshow. The5un

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.

Pengaduan anda, akan diajukan kemana?

KemenkesKemenpan