Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

VERIFIKASI LAPANGAN ARSIP HERBARIUM TEMULAWAK SEBAGAI MEMORI KOLEKTIF BANGSA

TAWANGMANGU (08/03/2024), dalam suasana yang sejuk, UPF Yankestrad RSUP Dr. Sardjito menerima kunjungan Tim Verifikator Lapangan Arsip Herbarium Temulawak Sebagai Memori Kolektif Bangsa dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kegiatan verifikasi lapangan ini merupakan tahapan terakhir dari rangkaian kegiatan penilaian yang sudah dimulai dari November 2023.

Direktur Layanan Operasional RS Sardjito, dr. Riat El Khair, Sp.PK(K), M.Sc menyampaikan tanaman obat di Indonesia sangat banyak jenisnya dan hal tersebut merupakan kebanggaan kita semua. “Seperti yang kita tahu, tanaman obat ini mempunyai banyak khasiat, tetapi uniknya masing-masing daerah memiliki kekhasannya” imbuh Bapak Direktur.

Menutup sambutannya Bapak Direktur Layanan Operasional berharap UPF sebagai unit peneliti utama tanaman obat dapat memberikan kontribusi yang maksimal kepada masyarakat Indonesia pada khususnya.

Plt. Kepala ANRI, Drs. Imam Gunarto M.Hum, menyampaikan dalam sambutannya tanaman-tanaman obat yang diteliti sejak zaman Belanda belum dimanfaatkan secara penuh. Banyak naskah-naskah kuno yang menceritakan tentang keanekaragaman obat tradisional.

“Apabila kita bisa mengemas secara utuh tidak hanya dilihat kedepan saja, tetapi bisa digabungkan dengan masa lampau, tentu itu menjadi satu kesatuan cerita yang luar biasa, dan hal itu dapat kita tunjukkan kepada dunia.” tutup Bapak Drs. Imam Gunarto.

Kegiatan verifikasi dilakukan tidak hanya melihat dari bentuk dokumen atau buku-buku saja, tetapi juga melihat secara langsung tanaman obat di Kebun Tlogo Dringo.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.