Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Mempelajari Tentang Penelitian, RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso Dan RSUD Soetomo Surabaya Berkunjung Ke RSUP Dr. Sardjito

Selasa, 12 Desember 2017, bertempat di ruang Bulat, Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes, Sp.OG(K), menerima dua kunjungan studi banding dari RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso dan RSUD Soetomo Surabaya. Diucapkan selamat datang kepada para peserta studi banding. Suatu kehormatan bagi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dapat menerima kunjungan dari rekan-rekan sekalian. Kami membuka ruang untuk dapat bertukar pikiran baik di dalam maupun di luar forum ini.

RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso yang dipimpin oleh Ketua rombongan, dr. Temmasonge Radi Pakki, Sp.P, MMRS (Kepala Bidang Pengkajian Imunologi dan Faktor Resiko) menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan dari RSUP Dr. Sardjito dan maksud dan tujuan kunjungan kali ini untuk penguatan jejaring antara RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso dengan RSUP Dr. Sardjito, dan Fakultas Kedokteran UGM, sesuai misi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso yaitu menyelenggarakan jejaring pelayanan, pendidikan, dan penelitian di bidang penyakit infeksi termasuk new emerging, re-emerging, dan tropical medicine Nasional dan Internasional serta pengimplementasian kajian penelitian, pendidikan, dan pelatihan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Sedangkan RSUD Soetomo Surabaya yang dipimpin oleh Ketua rombongan Dr. dr. Anang Endaryanto, Sp.A(K) (Wakil Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitan) juga berkesempatan menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kali ini. Disampaikan oleh beliau kunjungan hari ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Terakhir kali kami berkunjung pada tahun 2015. Selain itu, kami ingin mengetahui pengelolaan rekam medis untuk pasien yang menjalankan penelitian. Permasalahan yang ada di kami adalah ketepatan waktu pengembalian rekam medis.

Dr. dr. Dewiyani Indah Widasari, Sp.PA, PhD (Kepala Subbagian Pendidikan dan Penelitian Medik) menyampaikan paparan terkait Pelaksanaan Penelitian di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Pengelola Kegiatan Penelitian di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta yaitu Bagian Pendidikan dan Penelitian, Komisi Etik Bersama FK UGM-RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, dan Clinical Epidemiology & Biostatistic Unit (CEBU). Lebih dari 30% peserta peneliti berasal dari jenjang pendidikan Sarjana Strata 1 (S1) dan masih banyak penelitian yang menggunakan rekam medis. Untuk proses pengurusan penelitian tidak terlalu lama, cukup 2 minggu saja sesuai dengan SOP yang ada. Selain itu, rumah sakit memberikan bantuan untuk penelitian dengan beberapa prioritas kegiatan penelitian. Setelah perkenalan dilanjutkan diskusi dan tanya jawab serta kunjungan lapangan.

 

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.