Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]

Kegiatan Edukasi Kesehatan Promosi Kesehatan Luar Gedung Maret 2018 di RSUP Dr. Sardjito

YOGYAKARTA – Berkenaan dengan peringatan World Kidney Day, Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit Dr. Sardjito bekerja sama dengan PERNEFRI Yogyakarta pada hari Selasa 13 Maret 2018 mengambil tema “Manajemen Hipertensi Pada Usia Lanjut” yang disampaikan oleh         dr. Iri Kuswadi, Sp. PD-KGH. Edukasi berjalan lancar dan sangat komunikatif, peserta mengajukan pertanyaan seputar tekanan darah dan gangguan fungsi ginjal. Selain edukasi kesehatan dilakukan juga pemeriksaan kadar gula darah dan kolesterol. Hasil pemeriksaan gula darah dan kolesterol pada lansia yang terdapat hasil abnormal dilakukan edukasi oleh para ahli sehingga para lansia mampu bergaya hidup lebih sehat dengan upaya-upaya promotif yakni cek kesehatan secara rutin, enyahkan rokok, diet yang seimbang, istirahat cukup dan kelola stress (CERDIK).

Indonesia termasuk negara yang memasuki era penduduk berstruktur lanjut usia (aging structured pupulasi) karena jumlah penduduk yang berusia 60 tahun ke atas sekitar 17,8%. Provinsi yang mempunyai jumlah penduduk lanjut usia 7% adalah di Pulau Jawa dan Bali. Peningkatan jumlah penduduk lansia ini antara lain disebabkan oleh 1) tingkat sosial ekonomi masyarakat yang meningkat, 2) kemajuan di bidang pelayanan kesehatan, 3) tingkat pengetahuan masyarakat yang meningkat.

Kewajiban pemerintah tertuang di dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia. Pada Pasal 5 dituliskan delapan hak para lansia yang harus dipenuhi pemerintah berkaitan dengan kesejahteraan sosialnya. Di antaranya mendapatkan perlindungan sosial, bantuan sosial dan pelayanan kesehatan. Seiring dengan semakin meningkatnya populasi lansia, pemerintah telah merumuskan berbagai kebijakan pelayanan kesehatan usia lanjut yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lansia demi mencapai masa tua bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Salah satu kegiatan promosi kesehatan luar gedung yang dilakukan Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit Dr. Sardjito adalah edukasi kesehatan terhadap kelompok atau paguyuban, salah satunya adalah Paguyuban Lansia Adhiyuswo Ngesti Rahayu atau sering disebut dengan PANGRAYU. Kegiatan ini dilakukan setiap bulan di hari Selasa minggu ke II di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Setiap pertemuan anggota dilakukan edukasi kesehatan yang berkaitan dengan kesehatan lansia yang bekerja sama dengan Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (UPKRS) RSUP Dr. Sardjito. Adapun tema-tema edukasi selalu diupdate sesuai dengan kebutuhan kesehatan lansia.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Post a Comment